,

Harga Cabai Merah Rp2 Ribu Per Kg, Petani Rugi Besar

BLANGKEJEREN – Harga cabai merah yang biasanya Rp50 ribu hingga Rp60 per kilogram, turun sangat drastis manjadi Rp2 ribu per kilogram. Petani cabai di Gayo Lues mengaku rugi besar. Harga tersebut sangat tidak wajar.

Aji Gayo salah satu warga desa Durin, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues Jumat, 2 Mei 2017 saat sedang panen cabai mengatakan, pemerintah harus turun tangan menetapkan harga standar agar petani tidak merugi.

“Kami selaku petani cabai tidak ingin harga cabai terlalu tinggi, tapi jangan juga terlalu rendah. Jika harga cabai tetap bertahan Rp 2 ribu per kilogram, kami petani rugi besar, untuk biaya mulsa plastik aja tidak cukup, belum lagi biaya pupuk dan gaji pekerja,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Gayo Lues, Noval menjelaskan harga cabai merah sangat bergantung dengan harga pasar, jika banyak produksi tetapi sedikit permintaan, maka harga akan mengalami penurunan.

“Sebenarnya sudah ada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) tentang batas atas dan batas bawah harga cabai, akan tetapi yang melaksanakannya belum jelas, apakah Pemerintah Pusat atau memang Pemerintah Daerah” katanya.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *