,

Harga Bawang Merah Blangpegayon Merosot

BLANGKEJEREN 0 Petani bawang yang sedang panen raya di Kecamatan Blangpegayon Kabupaten Gayo Lues mengeluhkan harga yang kian merosot. Pasalnya, harga bawang yang baru siap dipanen biasanya dijual Rp 25 ribu per kg kini turun menjadi Rp 15 ribu.

Teuku Ramli salah satu petani bawang desa Kute Bukit, Blangpegayon, Selasa, 14 Juni 2016 mengatakan, disamping harga bawang yang kian merosot dari hari ke hari, penjualan bawang merah di pasaran juga tidak lancer seperti sebelum memasuki bulan Ramadhan. “Harga bawang yang sudah kering atau sudah bisa dijadikan benih sekarang ini Rp 30 ribu per kg, sedangkan biasanya mencapai Rp 50 ribu,” kata Ramli.

Ramli mengakui, menjual bawang merah usai dipanen tidak semudah hari-hari biasanya, selain agen penampung kelebihan stok bawang, modalnya juga tidak banyak. Hal ini membuat para petani bawang yang sedang panen di Gayo Lues terpaksa harus mengencer dengan cara menumpuk bawang di pasar, dan dalam satu hari hanya bisa dijual terbatas karen menjual dengan sistim eceran. “Susah sekali sekarang ini, biasa setelah dipanen langsung ditolak ke agen penampung, sekarang malah harus mengecer lagi ke pajak,” keluhnya. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *