,

H Firmandez Usulkan Surya Paloh Dapat Gelar Doctor HC dari Unsyiah

BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez, mengusulkan agar Surya Paloh diberikan gelar Doctor Honoris Causa (HC) dari lembaga perguruan tinggi di Aceh seperti Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry.

Pertimbangannya, Surya Paloh merupakan tokoh masyarakat Aceh yang kiprahnya di tingkat nasional mampu mewarnai perjalanan bangsa ini. Bahkan pada September 2014 lalu mendapat gelar Profesor Kehormatan (Honorary Profesorship) dari Beijing Foreign Studies University, Cina.

“Universitas luar negeri saja memberinya gelar profesor kehormatan. Jadi, sudah selayaknya kita orang Aceh melakukan hal yang sama. Jadi saya sarankan Unsyiah dan UIN Ar Raniry untuk memberi gelar doctor HC kepada beliau,” jelas H Firmandez.

Pertimbangan lainnya, Surya Paloh merupakan tokoh pers nasional asal Aceh, yang sejak masa mudanya sudah dikenal sebagai salah satu tokoh pejuang kebebasan pers. Bahkan karena pemberitaan medianya yang dianggap terlalu berani, media Prioritas milik Surya Paloh dibredel oleh pemerintah orde baru.

“Kini ia juga pengusaha media, pemilik Media Group yang memiliki surat kabar Media Indonesia dan Lampung Post, stasiun televisi Metro TV. Jadi, dari sisi pers pun beliau tokoh yang sudah dikenal luas,” lanjut H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, di bidang politik dan demokrasi, Surya Paloh juga dikenal sebagai tokoh nasional yang berhasil mengambil bagian penting dalam pergerakan roda demokrasi di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilannya mendirikan dan membawakan Partai Nasional Demokrat (NasDem) menjadi salah satu partai besar di Indonesia.

“Surya Paloh sangat aktif di dunia politik, sebelum mendirikan NasDem, beliau adalah Dewan Penasehat Partai Golkar. Beliau politisi yang diterima semua kalangan. Bahkan Presiden Joko Widodo dalam salah satu pidatonya menyebut Surya Paloh dengan panggilan kakanda,” ungkap H Firmandez.

Karena itu, atas segala pertimbangan tersebut, H Firmandez merasa sudah selayaknya masyarakat Aceh yang diwakili oleh perguruan tinggi ternama di Aceh, yakni Unsyiah dan UIN Ar Raniry, memberikan gelar kehormatan Doctor HC bagi Surya Paloh.

“Masyarakat luar negeri sudah mengakuinya sebagai Profesor Kehormatan, kita sesama orang Aceh juga harus memberinya anugerah Doctor HC,” saran H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *