,

H Firmandez: Tol Aceh Harus Segera Groundbreking

BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez meminta pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar segera melakukan groundbreaking pembangun jalan tol di Aceh.

Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan ini berharap, dengan segera dimulainya proyek nasional tersebut di Aceh, bisa memberi dampak ganda bagi pertumbuhan ekonomi di daerah paling ujung barat Sumatera tersebut.

“Kita haras segera groundbreking, tidak boleh mangkrak, harus sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah direncanakan di kementerian. Karena dampaknya nanti multiplayer efeknya akan dirasakan oleh masyarakat Aceh,” tegas H Firmandez.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, Pemerintah Aceh juga harus lebih aktif dalam mengupayakan dimulainya pembangunan tol tersebut, hal-hal yang berpotensi menjadi masalah harus dideteksi sejak dini, semisal persoalan pembayaran dan pembebasan lahan milik masyarakat.

“Target pemerintah pusat kan Juni 2018 pembangunan konstrusinya sudah bisa dimulai, tapi sekarang sudah akhir Juni 2018 tol Aceh belum juga groundbreaking. Makanya kita ingatkan Kementerian PUPR selaku mitra kita di Komisi V DPR RI agar segera mempercepat realisasi tol Aceh ini,” lanjut H Firmandez.

Sementara itu Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Jumat, 22 Juni 2018 menjelaskan, groundbreaking pembangunan tol Aceh sudah bisa dlakukan, hanya menunggu kepastian waktu dari pemerintah pusat.

Dalam tahun 2018 kata Irwandi, proses pembarayan akan dilakukan untuk tiga kecamatan, salah satunya Blang Bintang karena dilokasi tersebut akan dilakukan groundbreaking. Untuk mempercepat proses pembangunan jalan tol Aceh, Irwandi mengatakan akan mengirim surat ke kementerian PUPR.[HK/rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *