,

H Firmandez Tinjau Dayah Perbatasan

KUALA SIMPANG – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) DPR RI meninjau dayah perbatasan Manurul Islam di Gampong Seumadan, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa, 24 April 2018.

Kunjungan tersebut menjawab aspirasi dai perbatasan yang disampaikan kepada H Firmandez saat menghadiri peringatan HUT Aceh Tamiang beberapa waktu lalu. Menurut anggota Fraksi Golkar DPR RI tersebut, kunjungan ke dayah perbatasan itu dilakukan di sela-sela menghadiri silaturrahmi dengan masyarakat Kecamatan Manyak Payed.

“Sebelum ke Mayak Payed saya terlebih dahulu ke dayah Manurul Islam, ternyata fasilitasnya masih jauh dari apa yang kita bayangkan. Saya minta Dinas Pendidikan Dayah untuk memperhatikan dengan serius hal ini. Harus ada peningkatan fasilitas dan infrastruktu di dayah ini,” jelas H Firmandez.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini melanjutkan, Dayah Manurul Islam di perbatasan tersebut merupakan pintu masuk, gerbangnya Aceh di wilayah timur, perannya sangat penting dalam mencegah pendangkalan akidah ummat dan pemantapan keimanan generasi muda Islam di sana.

“Jadi dayah ini sebagai filter untuk mencegah pengaruh luar di wilayah perbatasan. Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah kita minta untuk memberi perhatian lebih, baik dari segi infrastruktur maupun peningkatan manajemennya. Ini kan basis pendidikan agama Islam di pintu masuk Aceh, bagian dari upaya untuk mendukung pelaksanaan syariat Islam di Aceh,” tegas H Firmandez.

H Firmandez melanjutkan, bukan hanya di Aceh Tamiang, pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah juga harus memberikan perhatian serius untuk dayah-dayah perbatasan lainnya di Aceh, seperti di Aceh Tenggara, di Subulussalam, dan di Aceh Singkil.

“Ini benteng kita untuk penguatan akidah umat dan penangkalan aliran sesat. Harus mendapat perhatian serius dari pemerintah,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *