,

H Firmandez: Setiap Perusahaan di Aceh Wajib Salurkan CSR ke Masyarakat Sekitar

IDI – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh, meminta setiap perusahaan yang beroperasi di Aceh untuk menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat sekitar, karena itu merupakan amanah undang-undang.

Hal itu disampaikan anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 tersebut, terkait adanya laporan masyarakat di Aceh Timur yang mengatakan bahwa perusahaan minyak dan gas (migas) PT Triagle Pase yan beroperasi di Gampong Sujudo, Pante Bidari Aceh Timur, tidak menyalurkan dana CSR kepada masyarakat sekitar.

“Kalau informasi itu benar, maka ini sangat kita sayangkan. Karena secara undang-undang setiap perusahaan itu wajib menyalurkan dana CSR-nya ke masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab sosial membangun ekonomi masyarakat setempat dan melestarikan lingkungan,” jelas H Firmandez.

Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh ini melanjutkan, CSR merupakan kewajiban perusahaan yang harus ditunaikan kepada masyarakat. H Firmandez juga menjelaskan bahwa dirinya ketika di Komisi VII DPR RI terlibat langsung dalam penyusunan Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Corporate Social Responsibility (CSR) dan telah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan berbagai perusahaan nasional untuk mengodok RUU tersebut untuk disahkan menjadi undang-undang.

“CSR ini kalau di BUMN dikenal sebagai Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL). Kami di legislatif telah mencoba untuk mematangkan aturan tentang CSR ini, baik terkait aturan dan kewajiban perusahaan menerapkan tugas dan tanggung jawab sosialnya, maupun sanksi terhadap perusahaan yang tidak melaksanakannya,” lanjut H Firmandez.

Jadi, kata H Firmandez jika ada perusahaan yang tidak menjalankan fungsi sosialnya, tidak menyalurkan CSR kepada masyarakat, maka kewajiban pemerintan daerah untuk menegurnya. “Jangan hanya tegur, kalau perlu diberi sanksi, karena ini menyangkut dengan hak-hak masyarakat,” tegasnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *