H Firmandez Salurkan Bantuan 40 Becak Motor Pengangkut Sampah untuk 8 Kabupaten/Kota

0
312

BIREUEN – Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2, H Firmandez, menyerahkan 40 becak motor pencacah sampah untuk delapan kabupaten/kota di dapil 2 tersebut. Penyerahan secara simbolis dilakukan di halaman Pendopo Bupati Bireuen, Sabtu, 24 November 2018.

Penyerahan bantuan kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) itu turut dihadiri oleh, Said Mahdar dari Kementerian LHK, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Bireuen Raden Yus Rusmadi, para pejebat dari dinas terkait, serta penerima bacek motor pengangkut sampah dari 8 kabupaten/kota yang dibantu.

Ke-8 kabupaten/kota yang mendapat bantuan tersebut adalah: Kabupaten Aceh Tamiang, Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Bener Merian dan Kabupaten Aceh Tengah.

Said Mahdar dari Kementerian LHK menjelaskan, bantuan tersebut merupakan kerjsama antara Kementerian LH dan Kehutanan dengan Komisi VII DPR RI, melalui program infrastruktur hijau. Target dari program tersebut adalah membantu pemerintah daerah untuk menata kota lebih baik dan ramah lingkungan.

“Ini merupakan bantuan inisiatif dan aspirasi Pak H Firmandez yang baru dipercayakan ke Komisi VII. Bantuan ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang disalurkan ke daerah lain. Saya juga sebagai orang Aceh di Kementerian LHK merasa bangga, Pak H Firmandez bisa memperjuangkan bantuan yang sangat bermanfata untuk kebersihan lingkungan masyarakat ini,” ujarnya.

Said Mahdar berharap para penerima becak motor pencacah sampah tersebut bisa mengoperasikannya dengan baik, sehingga lingkungan bisa bersih dari sampah. Sampah rumah tangga akan bisa langsung dijemput dengan becak motor tersebut untuk dibawa ke tempat penampungan.

“Sampah akan menjadi masalah lingkungan bila tidak ditangani dengan baik, tapi sampai juga bisa bernilai ekonomis jika dikelola dengan baik, seperti dijadikan pupuk kompos atau pupuk organik dan lain sebagainya. Saya berharap bantuan becak pengangkut sampah ini bisa bermanfaat dengan baik,” harapnya.

Sementara H Firmandez dalam sambutannya menjelaskan, bantuan tersebut merupakan wujud komitmennya untuk membantu daerah pemilihannya di dapil Aceh 2. “Ini perjuangan kita bersama untuk masyarakat, untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri. Untuk tahun-tahun yang akan datang kita berharap akan lebih banyak lagi program untuk masyarakat yang bisa kita perjuangkan di pusat,” ujar H Firmandez.

H Firmandez yang juga Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR-RI ini menambahkan, bantuan becak motor pengangkut sampah tersebut harus dikelola dengan baik, agar bisa bermanfaat secara maksimal dalam menunjang kerja petugas kebersihan di lapangan.

“Rawat dengan baik, manfaatkan secara maksimal, agar lingkungan kita bisa bersih dari sampah. Bantuan becak motor pengangkut sampah ini bentuk kepedulian kita bersama dalam menjaga lingkungan bersih hijau dan asri,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, anggota DPRK Bireuen, Syauqi Futaqi mengucapkan terima kasih atas kiprah H Firmandez yang telah memperjuangkan berbagai program untuk masyarakat Bireuen. Selain becak motor pengangkut sampah tersebut, sebelumnya H Firmandez juga telah membantu pembangunan rehab rumah, irigasi Pante Lhong, pembangunan jalan dan berbagai infrastruktur lainnya.

“Kami masyarakat Bireuen sangat berterima kasih kepada Pak H Firmandez yang telah memperjuangkan berbagai program pembangunan untuk masyarakat Bireuen. Kami harap ini bisa terus berlanjut,” harapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Teuku Marzuki alias Ampon Ki, fungsionaris Partai Golkar DPD II Bireuen. Menurutnya, berbagai program pembangunan yang diperjuangkan oelh H Firmandez di pusat untuk konstituennya di Dapil Aceh 2, khususnya untuk masyarakat Kabupaten Bireuen merupakan bukti nyata dari keberpihakan H Firmandez kepada masyarakat banyak.

“Apa yang telah diperjuangkan oleh Pak H Firmandez ini patut kita apresiasi. Beliau telah berhasil membawa pulang berbagai program pembangunan untuk masyarakat Bireuen secara khusus dan masyarakat Aceh secara umum. Ini patut kita dukung agar Pak Firmandez terpilih lagi menjadi wakil kita di DPR-RI pada pemilu legislatif 2019 mendatang,” himbaunya.

Hal senada juga disampaikan anggota DPRK Bireuen dari Partai Amanat Nasional (PAN), Muchlis Rama. Ia mengapresiasi apa yang telah diperjuangkan oleh H Firmandez untuk masyarakat Bireuen, bukan hanya untuk konstituennya saja, tapi untuk untuk seluruh masyarakat.

“Meski kami dari Partai PAN tidak mempunyai wakil di DPR RI dari dapil Aceh 2, tapi kehadiran Pak H Firmandez juga telah mewakili kami. Kami juga merasa sudah sangat terwakili oleh beliau di DPR RI, karena Pak H Firmandez telah berhasil memperjuangkan berbagai program pembangunan untuk masyarakat banyak, khususnya untuk masyarakat Bireuen,” jelasnya.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here