,

H Firmandez: RUU Madrasah Akan Lebih Berpihak Pada Pendidikan Dayah

JAKARTA – Rancangan Undang Undang (RUU) Madrasah dan Pendidikan Keagamaan telah dimasukkan menjadi RUU Inisiatif DPR RI. Ini diharapkan bisa segera dibahas dan disahkan menjadi undang-undang agar tak ada lagi diskriminasi bagi pendidikan dayah atau pesantren di Indonesia.

Hal itu disampaikan anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Aceh 2, H Firmandez, Sabtu, 15 September 2018. Menurut politisi Golkar ini, selama ini masih terjadi ketidakadilan di dunia pendidikan, khusnya pendidikan dayah atau pesantren dan madrasah.

“Kedepan kita berharap dengan disahkannya RUU itu nanti menjadi UU, diskriminasi itu tidak ada lagi. Ini harus diperjuangkan bersama-sama, karena sejak zaman dahulu bahkan sebelum Indonesia merdeka, dayah atau pesantren telah memberi kontribusi pendidikan bagi bangsa dan negara ini,” ujar H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, RUU yang telah menjadi inisiatif DPR RI ini harus didukung semua pihak, agar adanya kesetaraan antara pendidikan umum dan pendidikan berbasis agama, sehingga pendidikan di dayah atau pesantren menjadi lebih terjamin.

“Tujuannya nanti ke sana, agar tidak ada lagi ketimpangan antara lembaga pendidikan agama dan lembaga pendidikan umum. Selama ini kan lembaga pendidikan agama seperti dayah atau pesantren kesannya seperti dianaktirikan,” lanjut H Firmandez.
H Firmandez berharap, RUU inisiatif DPR RI ini pembahasannya nanti tidak berlarut-larut, agar bisa segera disahkan menjadi UU, supaya adanya payung hukum terhadap pengembangan lembaga pendidikan dayah atau pesantren.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *