H Firmandez: Plt Gubernur Aceh Harus Hargai Instansi Kodam

0
4438

BANDA ACEH – Penyegelan Gedung Komite Olahraga Nasional (KONi) Aceh dan kolam renang Tirta Raya seharusnya tidak akan terjadi jika Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bisa membangun komunikasi yang baik dengan Panglima Komando Militer Daerah (Kodam) Iskandar Muda. Nova terkesan tidak menghargai instansi militer tersebut karena dua surat Kodam Iskandar Muda terkait persoaan aset tersebut tidak digubris.

Penilaian itu disampaikan Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, Papua, dan Keistimewaan Yogjakarta, H Firmandez. Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini menilai, Nova lari dari masalah, bukan malah menyelesaikannya.

“Semua sudah terjadi (penyegelan) tak perlu lagi menyalahkan bawahan, kemarin-kemari kemana saja Plt Gubernur, itu surat Kodam kok gak dijawab. Ini menunjukkan Nova tak mampu membangun komunikasi yang baik dengan pihak Kodam, padahal Pangdam Iskandar Muda itu salah satu unsur Forkopimda Aceh,” ujar H Firmandez.

Anggota Komisi VII DPR RI ini menambahkan, seharusnya Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah harus cepat tanggap ketika ada persoalan seperti itu, semuanya bisa diselesaikan dan dikomunikasikan dengan baik, bukan didiamkan begitu saja sehingga kemudian terjadi penyegelan.

“Jadi Plt Gubernur Nova Iriansyah itu harus menghargai Kodam Iskandar Muda dengan cara menjawab surat mereka terkait pengelolaan kedua aset yang sudah disegel itu. Sikap diam itu bisa menunjukkan banyak hal, salah satunya mungkin soal ketidakmampuan Plt Gubernur menyelesaikan masalah,” tambah Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar tersebut.

Ketua Group Kerja Sama Bilateral (GKSB) Indonesia dengan Selandia Baru ini menilai Nova Iransyah gagal membangun komunikasi yang baik dalam pemerintahannya. Padahal para pendahulunya yang mantan GAM saja bisa membangun komunikasi yang baik dengan pihak Kodam Iskandar Muda.

“Komunikasi dalam pemerintahan itu sangat penting, makanya ada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pangdam Iskandar Muda merupakan bagian dari unsur Forkopimda Aceh. Jadi proses pertukaran informasi dan penyelesaian masalah bisa dilakukan di forum ini sebelum di bawa ke ranah lain. Ini yang saya lihat diabaikan oleh Nova Iriansyah,” pungkas H Firmandez.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here