H Firmandez: Perlu Sinergitas untuk Cegah Inflasi

0
235

JAKARTA – Untuk mencegah dan menekan angka inflasi diperlukan adanya sinergitas antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat, melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Hal itu disampaikan tim pemantau otonomi khusus (Otsus) Aceh, Papua, dan Keistimewaan Yogjakarta, H Firmandez, Kamis, 25 Juli 2019. Menurut anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini, penguatan sinergitas sangat penting dilakukan, apa lagi selama ini sudah terbentuk 542 TPID dari 34 provinsi dan 508 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Kalau sinergitas bisa dibangun dengan baik, infalsi bisa ditekan, secara nasional kita punya ratusan tim pengendalian inflasi yang tersebar di semua provinsi dan kabupaten/kota, potensi ini harus terus digerakkan,” ujar H Firmandez yang juga Wakil Ketua Umum Umum Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (ARDINDO) tersebut.

H Firmandez yang pernah memimpin Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh selama tiga periode ini menambahkan, pemerintah daerah melalui TPID harus konsisten melanjutkan upaya pengendalian inflasi guna menjaga daya beli masyarakat dan mendukung keberlanjutan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

“Sinergi kebijakan harus terus diperkuat, karena itu merupakan kunci untuk pengendalian inflasi, serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Pemerintah juga harus
mempercepat pembangunan infrastruktur pertanian dan penerapan teknologi informasi yang terintegrasi,” lanjut anggota Komisi VII DPR RI tersebut.

Selain itu tambah H Firmandez, peemrintah daerah juga harus mengenjot pendapatan dari berbagai sektor produktif untuk memaksimalkan upaya pencegahan inflasi, terutama dari sektor-sektor utama, seperti pertanian, perdagangan, konstruksi, dan pertambangan. Jika sektor-sektor utama tersebut mampu digerakkan secara maksimal, maka angka inflasi di daerah akan bisa ditekan, dan tentunya inflasi secara nasional juga akan menurun.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here