,

H Firmandez: Perlu Ada Jaminan Hukum Bagi Perusahaan Tambang di Aceh

LHOKSEUMAWE – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez akan menghadiri kegiatan pembinaan dan pengawasan terpadu pengusahaan pertambangan mineral dan batu bara, bersama Direktur Pembinaan Pengusahaan Baru Bara Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), M Hendarsto, Sabtu, 8 Desember 2018 di Lhokseumawe.

Kegiatan Kementerian ESDM bersama Komisi VII DPR-RI ini diselenggarakan dalam rangka melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap para pelaku usaha pertambangan di Aceh.

Menurut H Firmandez, usaha pertambangan mineral dan batu baru perlu mendapatkan jaminan kepastian hukum dan kepastian usaha dari pemerintah agar mereka dapat mengelola usaha pertambangan secara berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kontribusi terhadap penerimaan negara, menciptakan lapangan kerja dan ekonomi masyarakat.

“Untuk itu kegiatan pertambangan mineral dan batu bara itu perlu adanya pembinaan dan pengawasan dari pemerintah melalui Kemeterian ESDM. Harus ada update data terkini kondisi perusahaan penambang di Aceh,” ujar H Firmandez.

Anggota DPR-RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini berharap kegiatan tersebut bisa memberikan solusi dan menuntaskan permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan prosedur pembuatan izin usaha pertambangan.

“Jadi, perlunya adanya sinergitas antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, serta pelaku usaha dalam hal ini, sehingga munculnya pemahaman yang baik atas regulasi dan permasalahan-permasalahan tentang industri pertambangan mineral dan batu bara di Aceh,” lanjut H Firmandez.

Kegiatan ini juga akan diikuti oleh para pengusaha pemegang izin usaha pertambangan mineral dan batu bara di Aceh, para pengawas dan inspektur tambang dari Dinas ESDM provinsi Aceh, serta para pejabat dari dinas terkait lingkungan hidup.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *