,

H Firmandez Perjuangkan Pembangunan Asrama Santri Dayah Perbatasan

KUALA SIMPANG – Pemerintah Aceh diminta untuk membangun berbagai infrastruktur pendukung di Dayah Manarul Islam sebagai dayah perbatasan Aceh dengan Sumatera Utara di Gampong Seumadan, Kecamatam Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang. Sehingga, ketika orang masuk ke Aceh akan melihat yang berbeda. Selain itu, dayah perbatasan juga sebagai benteng penyelamat akidah ummat.

Hal itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez saat menghadiri wisuda santri tingkat SMP dan SMA dayah tersebut, Sabtu, 12 Mei 2018. Kedatangan H Firmandez disambut oleh Raisul a’am dayah itu Ustadz Mustafa Abdussalam.

“Kita minta pemerintah untuk meningkatkan fasilitas pendukung di dayah ini. Saya juga akan mengupayakan, memperjuangkan pembangunan asrama untuk santri di dayah ini, serta mengupayakan bentuan dua unit bus dari Kementerian Perhubungan selaku mitra kami di Komisi V DPRI RI untuk Aceh Tamiang. Saya harap nanti bus itu bisa beroperasi sampai ke dayah ini,” kata H Firmandez.

Bagi H Firmandez, kunjunga ked ayah perbatasan itu bukanlah kali pertama. Sebelumnya, pada Selasa, 24 April 2018 lalu, anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini juga berkunjung ke sana, menjawab aspirasi dai perbatasan yang disampaikan kepadanya saat menghadiri peringatan HUT Aceh Tamiang.

“Sebagai dayah di perbatasan, seharusnya dayah ini bisa menjadi pembeda, ketika orang masuk ke Aceh, langsun melihat nuansa Aceh yang Islami, makanya kita mendesak pemerintah untuk memperhatikan fasilitas dan infrastruktur dayah Manarul Islam ini,” tegas H Firmandez.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini melanjutkan, dayah perbatasan merupakan filter untuk mencegah pengaruh luar di wilayah perbatasan, benteng memperkuat akidah umat, serta basis pendidikan agama Islam di pintu masuk Aceh, yang merupakan infrastruktur pendukung pelaksanaan syariat Islam di Aceh.

“Kepada alumni dayah ini yang sidah diwisuda saya juga berharap untuk menjaga nama baik dayah ini sebagai almamater Anda. Terus meningkatkan ilmu penetahuan agar kelak bisa kembali ke sini untuk memperkuat dayah ini,” harapnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *