H Firmandez: Pemerintah Harus Perkuat Implementasi Program UMKM

0
177

JAKARTA – Untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi daerah, pemerintah diminta untuk memperkuat implementasi program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), melakukan peningkatan kapasitas melalui edukasi dan pelatihan.

Hal itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez, Rabu, 19 Desember 2018. Menurutnya, untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi, pemerintah juga perlu melakukan pengembangan fasilitasi pemanfaatan infrastruktur keuangan pendukung UMKM.

“Pengembangan UMKM di Aceh membutuhkan ekosistem yang kondusif untuk dapat tumbuh secara berkualitas. Untuk itu, diperlukan berbagai unsur yang mendukung pengembangan, seperti produk, promosi, dan pembiayaan. Jadi diperlukan keterlibatan dan kerjasama berbagai pihak,” ujar anggota DPR-RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 tersebut.

Masih menurut H Firmandez, pemerintah juga perlu terus mendorong perluasan program-program pengembangan UMKM yang berfokus pada pengendalian inflasi dan penurunan defisit transaksi berjalan, melalui perluasan pengembangan klaster UMKM untuk komoditas pangan strategis dan bidang kerajinan.

Selain itu pengembangan UMKM juga harus dilakukan melalui regulasi dan peraturan yang mendukung dan pemanfaatan platform digital untuk dapat memperluas pasar. “UMKM perlu dipicu untuk meningkatkan skala usaha yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” lanjut H Firmandez.

Masih menurut H Firmandez, data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2017 menunjukkan bahwa UMKM di Indonesia mendominasi jumlah unit usaha yaitu sebanyak 62,9 juta dan mampu berkontribusi sebesar 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Selain itu, UMKM dikenal memiliki resistensi tinggi terhadap krisis karena pada umumnya berbasis bahan baku dan memiliki target pemasaran domestik.

“Tapi UMKM juga masih menghadapi masalah modal dan akses pembiayaan, serta sumber daya yang masih lemah, dan terbatasnya jangkauan pasar. Di sinilah pemerintah harus hadir untuk melakukan penguatan,” pungkas H Firmandez.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here