H Firmandez: Pemerintah Aceh Perlu Membentuk Forum Manajemen Krisis Kepariwisataan

0
178

BANDA ACEH – Untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata, serta pengembangan industri pariwisata di Aceh, Pemerintah Aceh perlu membentuk Forum Manajemen Krisis Kepariwisataan (FMKK) Aceh. Forum tersebut nantinya akan menyusun standar dan prosedur pengembangan pariwisata di Aceh.

Hal itu disampaikan tim pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, Papua, dan Keistimewaan Yogjakarta, H Firmandez, Senin, 18 Maret 2019. Menurut anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini, Aceh memiliki banyak destinasi wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan.

“Forum itu perlu dibentuk, karena secara nasional pemerintah sudah menetapkan langkah-langkah strategis untuk mendorong penerimaan devisa pariwisata, salah satunya akan membentuk forum manajemen krisis kepariwisataan di daerah, peluang ini harus disambut baik oleh pemerintah Aceh,” ujar H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, Pemerintah Aceh melalui instansi terkait juga perlu melakukan monitoring dan evaluasi kinerja kepariwisataan dari berbagai sisi, sehingga penguatan kinerja sektor pariwisata bisa dilakukan dengan baik.

“Tentunya hal ini juga harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur pariwisata yang baik, untuk meningkatkan aksesinilitas dan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Aceh,” lanjut H Firmandez.

Langkah lainya yang harus dilakukan, kata H Firmandez, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan harus memperbanyak even dan pertunjukan wisata di setiap daerah, sesuai dengan potensi di masing-masing daerah itu sendiri, melalui penyelenggaraan sejumlah kegiatan wisata secara periodik, serta memperkuat promosi pariwisata secara nasional dan internasional.

“Pemerintah Aceh juga perlu mendorong investasi dan pembiayaan untuk pengembangan destinasi wisata dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pihak perbankan juga harus diajak untuk pengembangan dan usaha mikro kecil dan menangah (UMKM) di sektor kepariwisataan,” pungkas H Firmandez.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here