,

H Firmandez: Pemerintah Aceh Harus Perkuat UMKM

BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez, meminta Pemerintah Aceh untuk memperkuat sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta mengembagkan sektor pariwisata, industri, dan perdagangan.

Hal itu dinilai H Firmandez sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, serta memberdayakan pengusaha kecil di Aceh. “Ada sekitar 75.000 lebih UMKM di Aceh, mereka bergerak dalam berbagai bidang, harus diberdayakan, ini potensi besar untuk membangun ekonomi daerah, mereka perlu diperkuat dengan adanya campur tangan pemerintah,” jelas anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini.

H Firmandez menilai, tanpa campur tangan pemerintah, UMKM di Aceh susah untuk berkembang secara optimal, apa lagi di tengah tingginya persaingan pasar, dan terbatasnya akses mereka kepada sumber daya produktif, serta rendahnya akses modal dan kompetisi kewirausahaan.

“UMKM ini harus diberdayakan, agar mereka punya daya saing, serta bisa mendorong tumbuhnya industri di daerah, sehinga UMKM bisa berperan aktif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan kerja,” lanjut H Firmandez.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini melanjutkan, UMKM merupakan sektor usaha yang paling banyak digeluti. Secara nasional, data dari Kementerian Negara Koperasi dan UKM menyebutkan sektor UMKM di Indonesia menyerap sekitar 97 persen tenaga kerja dan kontribusinya bagi produk domestik bruto mencapai 55,56 persen.

“Jadi potensi UMKM dalam pengembangan ekonomi itu besar. Masalahnya selama ini kan UMKM kurang mendapat perhatian, sehingga langkah-langkah pengembangan usahanya kerap mengalami hambatan, maka kita minta Pemerintah Aceh untuk memperkuat UMKM di Aceh,” tegas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *