,

H Firmandez: Pemerintah Aceh Harus Dorong Industri Hilir

BANDA ACEH – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh, H Firmandez meminta Pemerintah Aceh untuk mendorong tumbuhnya indistri hilir, untuk meningkatkan nilai tambah bagi pengelolaan sumber daya alam.

Untuk itu pemerintah perlu menggandeng pengusaha dan investor, serta membantu berbagai kemudahan untuk berjalannya investasi di daerah. Menurut H Firmandez, salah satu contohnya dalah di sektor perikanan. Aceh ini punya potensi ikan tangkap luar biasa, tapi fasilitas pelabuhan perikanan yang modern belum ada.

“Ini sektor yang sangat potensial, setiap pelabuhan perikanan harus dibangun cold storage yang representatif. Namun investasi di bidang ini belum digarap maksimal. Padahal ini potensi besar,” jelas H Firmandez.

H Firmandez yang juga Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh ini menambahkan, infrastruktur industri perikanan sangat penting dibangun di Aceh, agar memberi nilai tambah bagi nelayan dan daerah.

“Katakanlah misalnya indutri pengolahan ikan. Selama ini kan kalau tangkapan ikan nelayan banyak, harga cenderung turun, yang rugi nelayan. Tapi jika ada col storage yang bagus dan adanya indistri pengolahan ikan di Aceh, maka nilainya bisa bertambah,” lanjut H Firmandez.

Karena itu kata H Firmandez, Pemerintah Aceh harus berpikir jangka panjang membangun sektor perikanan dan industri hilir, sebagai sumber pendapatan baru bagi daerah jika suatu saat dana otonomi khusus (otsus) Aceh berakhir.

“Ini harus dipikirkan dari sekarang. Jika dana otsus suatu waktu berakhir, adakah pendapatan pengganti lainnya untuk mendukung ekonomi daerah? Ini harus dipikirkan dari sekarang,” pungkasnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *