H Firmandez: Pemerintah Aceh Harus Bangun Infrastruktur Wisata Halal

0
18

BANDA ACEH – Sebagai daerah bersyariat Islam, Pemerintah Aceh harus membangun infrastruktur pariwisata halal, apa lagi Banda Aceh sebagai ibu kota Provinsi Aceh telah lama ditetapkan menjadi salah satu destinasi wisata halal dunia.

Hal itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR-RI, H Firmandez, Kamis, 3 Januari 2018. Menurut H Firmandez, pembangunan infrastruktur wisata halal penting dilakukan agar Aceh sebagai daerah bersyariat benar-benar mampu memberikan dorongan penguatan rantai nilai halal nasional.

“Infrastruktur yang memadai penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan fondasi ekonomi dan keuangan syariah yang kuat. Hal ini sejalan dengan program penguatan rantai nilai halal nasional,” jelas H Firmandez.

Anggota DPR-RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menambahkan, rantai nilai halal juga bisa dilakukan terintegrasi ke berbagai sektor seperti penguatan di sektor pertanian terintegrasi (integrated farming), industri pengolahan (halal food and fashion), energi terbarukan (renewable energy), dan wisata halal (halal tourism).

H Firmandez menambahkan, dengan dibangunnya infrastruktur wisata halal, nantinya juga bisa membuka kesempatan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya.

“Setelah infrastrukturnya ada, tugas pemerintah selanjutnya adalah mempertemukan atau menjembatani pelaku usaha UMKM dengan calon investor atau lembaga pembiaayaan, agar mereka bisa mendapat akses modal untuk pengembangan usahanya,” lanjut H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, pemerintah daerah harus senantiasa mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, sehingga dapat menjadi daya dorong yang optimal untuk mendukung pengembangan ekonomi syariah.

“Sudah saatnya Aceh berpikir lebih maju untuk pengembangan wisata halal, produk dan industri halal, agar status sebagai destinasi wisata halal bisa menjadi Aceh sebagai global key player dalam berbagai sektor industri halal,” pungkas H Firmandez.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here