H Firmandez: Pembangunan Tol Aceh Harus Serap Tenaga Kerja Lokal

0
1174

BANDA ACEH – Proyek pembangunan jalan tol di Aceh harus menyerap tenaga kerja lokal pada berbagai sub proyek pekerjaan, agar triliunan anggaran pada proyek tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar proyek, sehingga perputaran uang dalam masyarakat menjadi meningkat.

Hal itu disampaikan tim pemantau otonomi khusus (Otsus) Aceh Papua dan Keistimewaan Yogjakarta, H Firmandez, Jumat, 24 Mei 2019. Menurut politisi Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR-Ri) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh 2 itu, pembangunan proyek infrastruktur jalan tol Aceh sebagai salah satu proyek strategis nasional, haruslah melibatkan masyarakat sekitar dalam berbagai sub pekerjaan yang memungkinkan, sehingga masyarakat sekitar proyek juga merasakan manfaatnya, memperoleh penghasilan dari proyek negara tersebut.

“Ini penting untuk membantu masyarakat kita, mereka jangan hanya mendengar kalau proyek tol di Aceh itu anggarannya triliunan, tapi juga harus dilibatkan, diikutsertakan pada pekerjaan-pekerjaan di sekitar proyek yang memungkinkan untuk mereka kerjakan,” ujar Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar tersebut.

Anggota Komisi VII DPR-RI ini menambahkan, pembangunan berbagai proyek infrastruktur di Aceh yang dilakukan pemerintah haruslah menyerap tenaga lokal, sehingga akan berdampak pada perputaran sebagian uang proyek tersebut dalam masyarakat, karena masyarakat memperoleh penghasilan dari sana.

“Adanya proyek infrastruktur itu di Aceh, seharusnya juga bisa mendongkrak penyerapan tenaga kerja konstruksi di Aceh. Pemerintah Aceh harus memperhatikan hal ini, harus mencari sub-sub pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh tenaga-tenaga lokal,” lanjut H Firmandez.

H Firmandez juga berharap, pembangunan beberapa ruas jalan tol di Aceh bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Aceh menjadi lebih baik. “Intinya kita berharap pembangunan berbagai infrastruktur di Aceh haruslah memberikan dampak multiplier effect bagi daerah,” pungkas H Firmandez.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here