H Firmandez Peduli Petani Bener Meriah, LIPI Gelar Diseminasi Iptek

0
110

REDELONG – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez bersama tim dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sabtu, 27 Oktober 2018 melatih ratusan petani di Kabupaten Bener Meriah membuat pupuk organisk.

Acara diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) tersebut digelar di Desa Suka Makmur Timur. Dalam sambutannya H Firmandez menjelaskan, lembaga LIPI merupakan mitranya di DPR RI, kehadirannya bersama tim dari LIPI ke Bener Meriah adalah bagian dari upaya untuk pemberdayaan petani di dataran tinggi Gayo tersebut.

Menurut anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini, diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi sangat penting untuk meningkatkan produksi dan nilai tambah bagi pendapatan bagi petani. Salah satunya adalah melalui pemanfataan pupuk organik.

“Kekurangan pupuk merupakan masalah yang selalui menghantui petani. Harga pupuk kimia juga malah. Solusinya adalah pemanfatan pupuk organik, selain murah dan aman juga ramah lingkungan,” ujar H Firmandez.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini melanjutkan, pelatihan pembuatan pupuk organik juga sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Bener Meriah yang sedang mengembangkan budi daya 20 jenis tanaman muda.

“Produksi hasil petanian di dataran tinggi Gayo selama ini belum maksimal, karena pola tanam dan pemeliharaan yang tidak optimal. Dengan hadirnya tim dari LIPI ke Bener Meriah ini, saya berharap petani bisa mendapat pencerahan dan tambahan pengetahuan, terutama tentang pembuatan pupuk organik bio hayati,” harapnya.

Tata cara pembuatan pupuk organik kemudian diajarkan oleh Sarjiya Antonius dari LIPI dengan menggunakan bahan baku toge, air kelapa, gula merfah, telur ayam, dan tepung jagung.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here