,

H Firmandez Minta Pertamina DOM Medan Jamin Distribusi BBM ke Aceh

BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez, meminta kepada PT Pertamina (persero), khususnya Pertamina Gas Daerah Operasional Marketing (DOM) Medan, Sumatera Utara untuk menjamin kelancaran distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan gas ke Provinsi Aceh.

Permintaan itu disampaikan H Firmandez terkait sering terjadi kelangkaan BBM dan gas di beberapa daerah di Aceh, akibat terlambatnya distribusi BBM dari Pertamina DOM Medan.

“Keterlambatan distribusi ini menyebabkan kelangkaan, khususnya di daerah kawaan dataran tinggi di Aceh, seperti di Gayo dan Gayo Lues. Ini harus dicermati oleh Pertamina, karena distribusi yang lamban akan menyebabkan kelangkaan,” jelas politisi Golkar dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 tersebut.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini melanjutkan, sediit saja terjadi pergeseran jadwal distribusi, akan menyebabkan stok BBM dan gas di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umun (SPBU) dan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) kosong.

Kondisi tersebut diperparah lagi dengan munculnya pihak-pihak yang mengambil kesempatan dengan melakukan penimbunan untuk meraih keuntungan lebih. Terutama terjadi saat-saat momen kenaikan harga BBM

“Aneh kadang-kadang BBM di SPBU kosong, sementara di pengecer sepanjang jalan banyak. Ini sering terjadi di sejumlah SPBU di dataran tinggi Aceh. Makanya kita minta Pertamina untuk distribusi BBM ke Aceh,” lanjut H Firmandez.

H Firmandez menambahkan, jika distribusi BBM ke sejumlah daerah di Aceh tepat waktu, maka stok di SPBU tidak akan kosong, sehingga kemungkinan terjadinya permainan di tingkat agen dan pengecer bisa diminimalisir.

“Ini harus menjadi catatan bagi Pertamina DOM Medan, distribusi BBM dan gas harus merata dan tepat waktu, agar persoalan kelangkaan di daerah bisa dicegah sejak dini,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *