,

H Firmandez Minta Perbankan Tingkatkan Pembiayaan ke Sektor Pariwisata

BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez, meminta perbankan di Aceh untuk meningkatkan pembiayaan ke sektor pariwisata. Hal itu dinilai sangat penting untuk mendukung pengembangan berbagai objek wisata di Aceh sebagai destinasi wisata Islami.

Angota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menilai, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor yang selama ini belum digarap maksimal oleh dunia perbankan di Aceh. Padahal banyak pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor tersebut yang butuh sentuhan.

“Peluang di sektor ini sangat besar. Pihak perbankan harus melirik ini. Persoalan selama ini kan akses pelaku UMKM ini ke modal sangat terbatas. Harus ada koordinasi antara perbankan dengan pemerintah untuk pengembangan sektor pariwisata di Aceh,” kata H Firmandez.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini melanjutkan,  pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa sejalan denga pemberdayaan masyarakat di sekitar destinasi wisata, sehingga terciptanya masyarakat yang berdaya secara ekonomi, yang nantinya juga akan berdampak pada bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Ini juga akan berdampak positif bagi menekan angka pengangguran, karena terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Karenya kita minta perbankan dan pemerintah Aceh untuk terus mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *