H Firmandez Minta Pemerintah Tingkatkan Gaji Kepala Desa

0
274

JAKARTA – Anggota Komisi VII DPR RI, H Firmandez meminta Pemerintah Pusat untuk menaikkan gaji aparatur desa dan perangkatnya. Serta memberikan dana operasional untuk pemerintahan desa. Pasalnya, selama ini gaji kepala desa dan perangkatnya tidak sebanding dengan beban tanggung jawab yang mereka pikul.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menilai, kecilnya honor kepala desa dan aparaturnya sangat kontras dengan jumlah dana desa yang mereka kelola. Hal tersebut dinilai sangat rentan terjadi penyelewengan.

“PP Nomor 11 tahun 2019 telah mengatur bahwa tunjangan aparatur gampong itu harus sesuai dengan ASN golongan IIA, ketentuan mulai berlaku sejak bulan Maret 2019 lalu dan paling lambat tahun 2020 harus sudah dilaksanakan, jadi tidak ada alasan lagi gaji kepala desa di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP),” jelas H Firmandez.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini menambahkan, sudah sepantasnya pendapatan kepala desa itu ditingkatkan sesuai dengan beban tanggung jawab mereka. Kalau tidak maka pengelolaan dana desa akan rentan mengalami kebocoran, dan tentunya akan berimbas pada banyaknya temuan oleh inspektorat. Dampaknya pencairan dana desa tahun selanjutnya menjadi tersendat.

Selain kenaikan gaji bagi kepala desa, H Firmandez juga meminta Pemerintah Pusat untuk memberikan dana operasional bagi kepala desa, karena tugas-tugas kepala desa merupakan ujung tombak pemerintahan yang langsung berhubungan dengan masyarakat.

“Sudah sewajarnya ada dana operasional untuk kepala desa. Ini juga sudah dijanjikan oleh pemerintah beberapa waktu lalu, kita berharap ini segera direalisasikan, agar kerja-kerja pemerintahan di tingkat desa menjadi lancar. Jangan seperti selama ini, gaji kepala desa kecil, biaya operasional juga ditanggung sendiri. Pemerintah harus serius meningkatkan kesejahteraan aparatur desa,” pungkasnya.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here