,

H Firmandez Minta Pemerintah Selesaikan Pembangunan Waduk Keureutoe Tepat Waktu

LHOKSUKON – Anggota Komisi V DPR RI, H Firmandez, meminta pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengenjot pembangunan Waduek Krueng Keureutoe di Aceh Utara agar selesai tepat waktu.

Politisi Golkar asal daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini menjelaskan, keberadaan waduk tersebut sangat penting untuk peningkatan produksi pertanian dan mencegah bencana banjir yang berulang kali terjadi di Aceh Utara.

“Baru saja saya dapat laporan banjir melanda enam kecamatan di Aceh Utara, ribuan warga mengungsi. Sebelumnya pada Desember 2019 banjir juga menyebabkan 17.000 hektar sawah di 16 kecamatan di Aceh Utara dilanda banjir, ribuan warga mengungsi. Ini harus jadi perhatian serius pemerintah,” harap H Firmandez, Rabu malam, 3 Januari 2017.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim ini melanjutkan, selain menyelesaikan pembangunan Waduk Keureutoe pada 2019 sebagaimana direncanakan, pemerintah juga diminta untuk membangun embung-embung penampungan, agar air bisa ditampung dan bisa dioptimalkan ke waduk induk di Waduk Keuretoe.

“Ini penting untuk menyelamatkan warga dan pertanian di sana. Karena Aceh Utara merupakan lumbung pertanian, penopang program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah,” lanjut H Firmandez.

Sebagaimana diketahui, peletakan batu pertama pembangunan Waduk Keureutoe di Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 9 Maret 2014 lalu. Proyek senilai Rp 1,7 triliun tersebut diprogramkan selesai tahun 2019.

“Kalau bendung ini bisa diselesaikan tepat waktu, maka sekitar 9.500 hektar sawah akan teraliri. Waduk ini juga bisa mengendalikan banjir di wilayah Lhoksukon dan sekitarnya, serta bisa memberikan tambahan aliran listrik kurang lebih 6 MW, juga air baku yang tidak sedikit yaitu 500 liter per detik, makanya kita minta Kementerian PUPR sebagai mitra kerja Komisi V untuk menyelesaikannya tepat waktu,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *