,

H Firmandez Minta Pemerintah Genjot Pembangunan Tol di Aceh

BANDA ACEH – Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan, H Firmandez, meminta Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selaku mitra Komisi V untuk mempercepat pembanguna tol trans Sumatera khususnya di Aceh.

“Kita minta ini dipercepat, realisasi pembangunan di setiap tahapannya harus tepat, tidak boleh molor, apalagi mangkrak. Tol ini akan sangat penting untuk peningkatan ekonomi daerah, multiplayer efeknya juga akan dirasakan nanti oleh masyarakat,” ujar H Firmandez, Jumat, 13 April 2018

Anggota DPR RI dari daerah daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, untuk memacu pembangunan tol trans Sumatera di Aceh tersebut, persoalan pembebasan lahan harus benar-benar diperhatikan dengan serius, agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, terutama dengan tanah adat dan tanah waqaf.

“Saya dengar di jalur tol Banda Aceh – Sigli saja ada puluhan persil atau bidang tanah wakaf masjid, meunasah, tanah milik desa, bahkan ada jalur tol yang masuk dalam kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI). Jadi, ini harus dipastikan clear, diselesaikan dari sekarang,” harap H Firmandez.

Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh ini mengharapkan, urusan pembebasan lahan harus tuntas tepat waktu, sebagaimana yang direncanakan, yakni selesai pada Juni 2018, sehingga pembangunan kontruksinya bisa segera dimulai.

“Sekali lagi saya menghimbau agar itu bisa tepat waktu, sesuai target. Apalagi dana untuk pembebasan lahan sudah ada di Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) di bawah Kementerian Keuangan. Tinggal sekarang bagaimana eksekusinya di lapangan,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *