,

H Firmandez Minta Medco Minimalisir Dampak Aliran Gas

IDI – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, meminta PT Medco E&P Malaka untuk bisa meminimalisir dampak dari pengaliran gas di lapangan. Terutama terkait kandaungan hydrogen sulfida (H2S) gas beracun yang bisa membahayakan kesehatan manusia.

Hal itu disampaikan H Firmandez terkait dimulainya tahap commissioning fasilitas Central Processing Plant (CPP) Blok A Aceh, sejak 15 Agustus 2018. Perusahaan tersebut akan mengalirkan gas dari lapangan Alur Siwah di Kabupaten Aceh Timur.

“Kabarnya kandungan H2S di Blok A itu tinggi, kita minta Medco untuk meminimalisir dampak saat pengaliran gas, kalau sempat bocor, ini akan sangat berbahaya bagi masyarakat sekitar,” harap anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 tersebut.

H Firmandez melanjutkan, dengan karakter blok A yang seperti itu, Medco diharapkan bisa mengurangi kandungan H2S di wilayah proyek tersebut, sehingga proses pengaliran gas menjadi aman.

“Apa yang sudah berhasil dilakukan saat mengalirkan gas dari lapangan gas Julu Rayeuk pada 25 Maret 2018 yang aman, selamat tanpa kecelakaan. Harus bisa juga dilakukan di Alur Siwah,” lanjut H Firmandez.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini yakin PT Medco bisa melakukan hal tersebut dengan baik dan aman dengan teknologi terbarukan. Apa lagi perusahaan tersebut telah mendapat izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 19 Mei 2017 dan telah melakukan koordinasi dengan Ditjen Migas, BPMA dan aparat setempat.

“Kita hanya menghimbau, semoga tidak ada masalah dan tidak menimbulkan dampak buruk. Bagaimana pun pengelolaan migas di Aceh harus kita dukung, karena akan berdampak pada pendapatan asli daerah. Apa lagi ada hak-hak khusus Aceh di sana yang dikelola melalui Badan Pengelola Minyak dan Gas Aceh (BPMA). Semoga semuanya aman-aman saja. Kalau pun terhadi dampak yang tidak diharapkan, harus mampu ditangani dengan baik,” pungkasnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *