,

H Firmandez Minta Masyarakat Diberdayakan Dalam Penghijauan Hutan Bener Meriah

REDELONG – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez mengharapkan agar masyarakat di kaki gunung Burni Telong, Bener Meriah dilibatkan dan diberdayakan dalam penghijauan kembali hutan di kawasan tersebut.

“Saya sangat mendukung program penghijauan 100 hektar lahan di daerah Nosan Baru yang dicanangkan Bupati Bener Meriah, Ahmadi. Tapi kita minta masyarakat sekitar dilibatkan dan diberdayakan,” ujar anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 tersebut, Jumat, 30 Maret 2018.

H Firmandez melanjutkan, pelibatan dan pemberdayaan masyarakat bisa dilakukan dengan cara memberi pemahaman yang baik tentang pengelolaan hutan, serta memberi edukasi tentang akibat yang akan ditimbulkan dari kerusakan hutan.

“Edukasi harus dilakukan secara massif, jangan insidentil. Masyarakat bisa diberdayakan dengan menanam pohon yang produktif, semisal pohon buah yang menghasilkan, sehingga ke depan tidak ada lagi penebangan hutan,” lanjut H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah diharapkan bisa membuat program-program yang langsung menyentuh masyarakat di sekitar hutan yang direboisasi. Hutan-hutan yang sudah tidak produktif ditanami kembali, seperti di kawasan Gunung Burni Telong.

“Itu kawasan Burni Telong bisa dijadikan lokasi wisata andalan Bener Meriah nantinya, kalau program reboisasi yang melibatkan langsung masyarakat sekitar hutan berjalan. Saat HUT Bener Meriah saya sudah jelajah Burni Telong bersama Bupati Ahmadi dan melakukan penanaman pohon di sana. Lokasinya sangat indah untuk pengembangan wisata,” ungkap H Firmandez.

Karena itu, H Firmandez mengharap semua pihak bisa berpartisipasi aktif dalam program penghijauan kembali hutan di kawasan Nosan Baru yang diprogramkan Bupati Ahmadi tersebut. “Harapan saya Bener Meriah ini harus lebih atau minimal setara dengan kabupaten induknya Aceh Tengah,” pungkasnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *