,

H Firmandez Minta Kementerian PUPR Segera Bangun Jembatan Enang Enang

REDELONG – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez, meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar segera membangun jembatan di tikungan Enang Enang, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

H Firmandez yang juga anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan menjelaskan, normalisasi dan pelurusan kelok Enang Enang dengan membangun jembatan itu akan memberikan dampak ganda bagi pembangunan ekonomi masyarakat dataran tinggi Gayo tersebut.

“Selama ini akan masih ada ruas jalan ke sana yang tidak memenuhi standar nasional, kita minta ditingkatkan. Dan yang paling penting adalah di tikungan Enang Enang itu. Itu sangat rawan kecelakaan, kalau jembatan Enang Enang dibangun maka transportasi ke sana akan lebih mudah,” jelas H Firmandez.

Politisi Golkar dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 tersebut melanjutkan, bila jembatan di tikungan Enang Enang selesai dibangun, maka berbagai komiditi dari dataran tinggi Gayo bisa dipasarkan ke luar daerah, terutama kopi dan berbagai hasil alam lainnya.

“Kuncinya ya di situ, di kelok Enang Enang, kalau jembatan sudah dibangun, maka akses transportasi barang dan jasa akan lebih mudah. Ini akan memberikan multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi masyarakan Gayo,” lanjut H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, untuk mendukung beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe di pesisir utara Aceh, pemerintah harus membangun sarana transportasi yang bagus ke kawasan tengah Aceh, sehingga keberadaan KEK bisa memberikan dampak yang nyata bagi daerah sekitar.

“Jadi antara jalur transportasi ke Aceh bagian Tengah, khususnya normalisasi dan pembangunan jembatan di kelok Enang Enang dengan beroperasinya KEK di pesisir utara Aceh itu harus terkoneksi dengan baik, sehingga ekonomi daerah bisa tumbuh,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *