H Firmandez Minta Kementerian ESDM Teliti Semburan Gas di Jambo Aye

0
199

LHOKSEUKON – Anggota Komisi VII DPR-RI yang membidangi urusan energi, riset teknologi dan lingkungan hidup, H Firmandez meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengadakan penelitian soal terjadinya semburan gas di Jambo Aye, Aceh Utara. Pusat Survei Geologi diharapkan bisa segera turun ke lapangan.

“Pihak ESDM baik di Kabupaten Aceh Utara, di Provinsi Aceh, maupun di Kementerian harus segera turun ke lapangan, untuk meneliti kenapa semburan itu bisa terjadi, jangan sampai jatuh korban warga sekitar,” harap H Firmandez.

Menurut H Firmandez jika memang di titik semburan itu merupakan potensial gas alam, maka ini harus dikelola dengan baik. Masyarakat sekitar juga diminta untuk tidak melakukan pengeboran agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Besar kemungkinan itu merupakan wilayah yang berpotensi migas. Ini dibuktikan dengan pengeboran sumur warga dengan kedalaman beberapa meter saja, bisa mengakibatkan semburan lumpur gas alam. Ini harus diproteksi dengan baik agar tidak terjadi semburan yang lebih besar. Potensi gas alam ini harus dikelola dengan baik,” lanjut Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh tersebut.

Selain itu kata H Firmandez, untuk mengetahui kepastian tentang kandungan dan potensi gas alam di lokasi semburan tersebut, Tim Kementerian ESDM harus segera melakukan survey dan penelitian ke lokasi semburan tersebut untuk melakukan pemetaan, agar bisa diketahui hasilnya.

“Kita menginginkan potensi gas ini bisa dipetakan sejak dini, agar bisa diketahui isi kandungan materil dari semburan lumpur bercampur gas tersebut, termasuk perlu diketahui nantinya tingkat kerawanannya, sehingga nanti bisa disiapkan langkah-langkah penanganan selanjutnya,” tegas H Firmandez.

Bukan itu saja, lanjut H Firmandez, jika hasilnya nanti sudah dipetakan, maka bisa dijadikan pedoman bagi pemangku kebijakan, serta memberikan gambaran bagi perusahaan minyak dan gas bumi dalam mengetahui kondisi permukaan di wilayah semburan tersebut.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here