,

H Firmandez Minta BPJN Wilayah 1 Aceh Tangani Jalan Amblas di Bener Meriah

REDELONG – Anggota Komisi V DPR RI asal Aceh, H Firmandez, meminta kepada Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah 1 Aceh, Ahmad Subki untuk segera menangani dan mengatasi persoalan jalan amblas di jalan nasional di perbatasan Kabupaten Bener Meriah dengan Kabupaten Aceh Tengah.

Hujan deras yang mengguyur daerah dataran tinggi Gayo tersebut, menyebabkan jalan yang menghubungkan Kampung Simpang Antara Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah dengan Kampung Ratawali, Kecamatan Kute Panang, Kabupaten Aceh Tengah, amblas.

“Anggaran untuk pembangunan kembali jalan itu sudah kita perjuangkan di Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan. Tahun ini disetujui Rp 58 miliar untuk perbaikan jalan lintas nasional di sana. Sekarang masih proses tender,” jelas H Firmandez, Senin, 2 April 2018.

Meski demikian, lanjut politisi Golkar tersebut, karena musibah amblas jalan itu merupakan sifatnya force majeure, maka harus segera ditangani oleh BPJN Wilayah 1 Aceh.

“Jalan itu urat nadi perekonomi masyarakat Bener Meriah dan Aceh Tengah, makanya kita minta BPJN Wilayah 1 Aceh untuk segera menanganinya,” lanjut Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI tersebut.

Akibat musibah jalan amblas tersebut, kini lintasan tersebut tidak bisa dilalui oleh kenderaan roda enam dan roda empat, karena badan jalan yang tersisa hanya sekitar 1,8 meter.

“Ini harus segera ditangani, karena menyangkut hajat hidup masyarakat banyak. Selain itu di daerah kampung Bener Kelipah, Bener Meriah potensi longsor dan jalan amblas juga terjadi. Kalau tidak segera ditangani, kita khawatirkan turap sepanjang 20 meter dengan ketinggian 3 meter akan ambruk. Jadi sebelum itu terjadi harus segera ditangani,” harap H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *