,

H Firmandez Letakkan Batu Pertama Pembangunan Embung Ie Bitah

KUALA SIMPANG – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez, Sabtu, 12 Mei 2018 melakukan pelatakan batu pertama pembangunan embung di Desa Ie Bitah, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang.

Embung yang dibangun atas perjuangan H Firmandez tersebut akan difungsikan untuk mengairi sekitar 80 hektar sawah warga. Sebelum melakukan peletakan batu pertama pembangunan embung tersebut, H Firmandez terlebih dahulu dipeusijuek (tepung tawar) oleh tokoh masyarakat setempat.

Masyarakat setempat sangat berterima kasih atas dibangunnya embung di desa mereka. Dengan adanya embung itu, persoalan air bagi sawah mereka bisa teratasi. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, saat H Firmandez melakukan reses ke daerah itu beberapa waktu lalau, para petani di Manyak Payed mengeluh tentang minimnya produksi padi karena kekurangan air.

Aspirasi petani Ie Bitah itu kemudian diperjuangkan H Firmandez ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), selaku mitranya di Komisi V DPR RI. Menariknya, bukan hanya membangun embung itu saja, Kementerian PUPR juga akan membangun saluran air dari embung itu ke persawahan, sehingga embung itu bisa berfungsi dengan baik.

Datok Penghulu (Keuchik) Desa Ie Bitah, Wilda Muklis yang juga Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Aceh mengungkapkan, ia bersama warga desa Ie Bitah sangat berterima kasih atas perjuangan dan kepedulian H Firmandez terhadap masyarakatnya.

“Kami sangat berterima kasih atas diperjuangkannya aspirasi warga kami oleh Pak Firmandez, pembangunan embung ini akan kami lakukan secara swakelola, semoga ini bisa meningkatkan hasil pertanian warga kami,” ujar Wilda.

Sementara itu, H Firmandez mengharapkan, dengan adanya embung itu nanti, pendapatan petani Ie Bitah dan sekitarnya bisa bertambah, sehingga terwujudnya kesejahteraa masyarakat.

“Embung ini bukan hanya berfungsi untuk kebutuhan pengairan sawah saja, tapi juga bisa menjadi objek wisata di desa Ie Bitah. Setelah selesai dibangun nanti, semoga bisa dijaga dengan baik agar bisa memberikan manfaat yang maksimal,” harap H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *