,

H Firmandez Kunker Spesifik ke Toba Samosir

H Firmandez bersama tim Komisi VII DPR RI melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik masa persidangan 1 tahun 2018-2019 ke Toba Samosir, Sumatera Utara, Kamis hingga Sabtu, 23-25 Agustus 2018.

Kunker Spesifik tersebut dalam rangka melakukan pungsi pengawasan DPR RI dengan cara turun ke lapangan dan melihat langsung pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) PT Aquafarm Nusantara di Sumatera Utara.

“Kunker spesifik ini untuk melihat langsung kegiatan pembesaran ikan yang dilakukan di lima lokasi terpisah di Kabupten Simalungun, Samosir, dan Toba Samosir, serta pembenihan ikan, pengolahan ikan dan pabrik pakan di Kabupaten Sedang bedagai,” jelas H Firmandez.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Acah 2 ini melanjutkan, Kunker Spesifik itu juga bertujuan untuk mendapat informasi mengani ekspor produk ikan olahan dari PT Aquafarm Nusantara melalui pelabuhan Belawan ke Eropa dan Amerika Serikat.

“Kami juga ingin mendapat penjelasan dari pemerintah daerah setempat dalam hal ini pemerintah Kabuapaten Simalungun, Samosir dan Toba Samosir, serta Serdang Bedagai terkait kontribusi perusahaan Aquafarm tersebut terhadap perkembangan ekonomi, sosial dan budaya, serta dampak negatif yang mungkin bisa timbul,” lanjut H Firmandez.

Selain itu, Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini menambahkan, pengawasan langsung terhadap kegiatan perikanan tersebut harus dilakukan dengan baik, karena Danau Toba merupakan salah satu dari danau yang masuk dalam rencana pengelolaan 15 danau prioritas dalam lima tahun yang akan datang.

“Karena itu, program pencegahan, penanggulangan maupun pemulihan kerusakan Danau Toba harus dilakukan dengan baik. Tim Kunker Spesifik itu ingin mendapat penjelasan tentang itu dari Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *