H Firmandez: Jargas Untuk Memenuhi Kebutuhan Gas Masyarakat

0
103

LHOKSEUMAWE – Anggota Komisi VII DPR RI yang membidangi urusan energi, riset teknologi dan lingkungan hidup, H Firmandez menghadiri peresmian 2.000 jaringan gas (jargas) untuk masyarakat di Kota Lhokseumawe, Jumat, 15 Maret 2019 di Gampong Meunasah Masjid, Kota Lhokseumawe.

H Firmandez berharap 2.000 jargas untuk masyarakat Gampong Meunasah Mesjid, Cunda, Uten Kot dan Panggoi itu bisa bermanfaat bagi masyarakat, karena aliran gas langsung tersambung ke rumah warga.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menjelaskan, penggunaan jargas juga akan lebih hemat biaya dan bisa mengatasi persoalan kelangkaan gas dan penimbunan gas baik di pangkalan pengecer maupun agen, karena jaringan gas akan langsung terkoneksi dari pipa gas perusahaan gas negara ke rumah warga.

“Jargas ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dilaksanakan pemerintah melalui Pertamina. Ini kelanjutan dari program tahun 2014 lalu yang telah menyambung 3.997 jargas untuk masyarakat Kota Lhokseumawe,” jelas H Firmandez.

H Firmandez menambahkan, pemerintah melalui Kementerian Energi Suber Daya Mineral (ESDM) selaku mitra Komisi VII DPR-RI pada tahun 2018 telah memprogramkan pembangunan 89.906 Sambungan Rumah (SR) jaringan gas untuk rumah tangga (Jargas) di 18 kabupaten/kota, salah satunya di Kota Lhokseumawe.

Tahun 2019 ini pemerintah memprogramkan lagi sebanyak 78.216 SR jargas yang akan dibangun dengan menggunakan APBN. H Firmandez menegaskan dirinya selaku wakil rakyat Aceh di komisi VII akan memperjuangkan agar masyarakat Aceh bisa mendapatkan sebagian kuota dari program Jargas tersebut.

“Kita akan terus perjuangkan, semoga tahun depan bisa bertambah. Ini penting untuk memenuhi kebutuhan energi yang bersih, efesien, murah dan ramah lingkungan. Kita harus bisa ambil sebagian dari kuota 78.216 SR yang diprogramkan pemerintah tahun 2019 ini. Kita akan sama-sama perjuangkan,” tegas H Firmandez.

Peresmian 2.000 jargas di Lhokseumawe dilakukan oleh Direktur Pembinaan Usaha Hulu Ditjen Migas, Mustafid Gunawan dan ikut dihadiri oleh Wali kota Lhokseumawe Suaidi Yahya, anggota Komisi VII DPR RI H Firmandez, Direktur Bio Energi Ditjen EBTKE Andriah Feby, Direktur Keuangan dan Dukungan Bisnis PT Pertamina Gas Tenny RA, serta para pejabat dan tokoh masyarakat setempat.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here