H Firmandez: Jangan Sebarkan Hoax Terkait Bantuan Rehab Rumah MBR

0
69

LANGSA – Anggota Komisi VII DPR-RI, H Firmandez meminta semua pihak untuk tidak menyebaran isu yang belum diketahui kebenarannya, terkait bantuan rehab rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Aceh.

“Jangan sebarkan hoax, teliti dulu kebenarannya, lakukan tabayyun, agar tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Semua ada aturan dan prosedurnya. Kalau tidak paham, tanyakan kepada pihak terkait,” himbau H Firmandez.

Hal itu disampaikan H Firmandez terkait adanya media online yang memberitakan tentang minimnya penyaluran material kepada penerima manfaat. Padahal kata H Fimandez, sesuai prosedur setelah bangunan dikerjakan 30 persen, baru anggaran dari dana bantuan tersebut bisa dicairkan secara bertahap.

“Ini fasilitator di lapangan yang lebih paham teknisnya. Alhamdulillah tenaga fasilitator lapangan di Aceh Timur, Mufazilah sudah menjelaskannya kepada media. Jadi, jangan dipolemikkan. Tugas saya memperjuangkan bantuan itu di Pusat sudah selesai, sekarang tugas kita bersama untuk mengawasi pembangunannya,” lanjut H Firmandez.

Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh ini menambahkan, bantuan rehab rumah untuk MBR merupakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BPSP) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Aceh mendapat alokasi untuk 2.005 unit rumah.

“Saya sebagai anggota DPR-RI dari Aceh hanya mengusulkan saja, teknis penyalurannya itu pihak PUPR di kabupaten/kota yang tahu. Semua ada aturan mainnya, ada kriteria dan mekanismenya. Ini merupakan program pemerintah untuk mengurangi rumah tidak layak huni, tahun 2015 ada sekitar 2,51 juta rumah tidak layak huni, targetnya tahun 2019 tinggal 1,9 juta rumah tidak layak huni secara nasional. Ini program yang mulia dan wajib kita dukung,” pungkas H Firmandez.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here