,

H Firmandez: Jadikan GAMIFest Sebagai Momentum Peningkatan Pembangunan Gayo Alas

BLANGKEJEREN – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez, mengharapkan event Gayo Alas International Ferstival (GAMIFest) 2018 bisa menjadi momentum untuk peningkatan pembangunan daerah di dataran tinggi Gayo dan tanah Alas.

Event yang akan digelar Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) pada Agustus 2018 nanti, juga diharapkan bisa membangkitkan sektor pariwisata di kawasan tersebut.

“Momentum ini harus benar-benar dimanfaatkan, agar bisa memberi nilai tambah bagi daerah. Dampaknya juga nanti harus benar-benar menyentuh masyarakat, baik melalui pemberdayaan ekonomi kreatif, maupun keterlibatan langsung masyarakat dalam event itu. Apa lagi aka nada 15.000 penari saman, ditambah lagi penari dari mancanegara. Ini harus benar-benar dimanfaatkan,” ujar H Firmandez, Minggu, 15 April 2018.

Anggota Komisi V DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, GAMIFest juga bisa menjadi langkah awal untuk pengembangan kawasan startegis dan kawasan khusus di dataran tinggi Gayo dan Alas. Semua pihak bisa dilibatkan menyusun rencana integritas dan mobilitas.

“Orietasinya harus jangka panjang. Pembangunan daerah terutama sektor pariwisata tidak boleh lagi konvensional. Konektivitas daerah sekawasan harus terus dilakukan, sehingga pembangunannya terarah dan terprogram dengan baik,” lanjut H Firmandez.

Terkait dengan konektivitas antar wilayah di dataran tinggi Gayo, H Firmandez menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir ia telah memperjuangkan pembangunan jalan standar nasional mulai dari Bireuen hingga ke Takengon. Dalam tahun 2018 ini juga sudah disetujui anggaran lebih Rp 50 miliar untuk peningkatan infrastuktur perhubungan ke dataran tinggi Gayo tersebut.

“Ini sudah kita perjuangkan sejak lama. Alhamdullillah disetujui pemerintah pusat. Beberapa ruas jalan yang belum standar nasional, dalam tahun ini juga akan ditingkatkan hingga memenuhi standar. Pembangunannya akan segera dilakukan, sekarang masih dalam proses tender di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ungkap H Firmandez.

Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini melanjutkan, dengan baiknya infrastruktur perhubungan ke dataran tinggi Gayo tersebut, diharapkan akan berdampak pada peningkatan ekonomi daerah setempat. [HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *