,

H Firmandez Ikut Bantu Khitan Gratis 350 Anak Yatim di Aceh Utara

LHOKSEUKON – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez, ikut membantu penyelenggaraan acara khitan gratis untuk 350 orang anak yatim dan fakir miskin di Kabupaten Aceh Utara.

Acara tersebut digelar Komite Peralihan Aceh (KPA) dan Partai Aceh (PA) Wilayah Samudra Pase, Daerah IV Tgk Chik Di Tunong di kompleks Masjid Baitul Ghafur Desa Matang Drien, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Sabtu, 26 Mei 2018.

Anak yatim piatu dan anak warga miskin yang dikhitan gratis tersebut berasal dari Kecamatan Baktiya Barat, Baktiya, Seunuddon, Langkahan dan Tanah Jambo Aye. Sebelum proses khitan berlangsung, anak-anak tersebut dipeusijuek atau ditepung tawar oleh tokoh masyarakat setempat.

Panitia juga memberikan selembar kain sarung gratis untuk masing-masing peserta. Prosesi khitan dilakukan oleh sekitar 25 perawat dari sejumlah Puskesmas di wilayah timur Aceh Utara. Para perawat tersebut dikoordinir oleh Ibnu Khaldun.

Panglima Muda Daerah IV Tgk Chik Di Tunong, Muhammad Jhony menjelaskan, acara khitan gratis itu dibuka langsung oleh Bupati Aceh Utara yang juga Ketua KPA/PA Aceh Utara, Tgk Zulkarnaini Ben Hamzah alias Tgk Ni, serta diawasi langsung oleh Ketua DPRK Aceh Utara, H Ismail A Jalil yang dikenal dengan panggilan Ayahwa. Selain itu, acara tersebut juga didukung oleh Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kecamatan Tanah Jambo Aye yang dipimpin oleh Akmal Daud.

Sementara itu H Firmandez menjelaskan, dirinya selaku anggota DPR Ri dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 dan juga selaku Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, ikut membantu penyelenggaraan acara sosial tersebut.

“Ini bentuk kepedulian kita kepada anak yatim dan anak-anak dari keluarga kurang mampu. Apa lagi di bulan suci Ramadhan, semoga partisipasi kita semua dalam kegiatan khitan gratis ini bisa menjadi amal ibadah di bulan penuh berkah ini,” ujar H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *