,

H Firmandez Ikut Awasi Pelaksanaan Ibadah Haji di Mekkah

TEROPONGACEH.COM | MEKKAH – H Firmandez bersama tim dari Komisi VIII DPR RI baru-baru ini melakukan kunjungan kerja ke Mekkah dan Madinah dalam rangka pengawasan pelaksanaan ibadah haji tahun 1437 hijriah/ 2016 miladiyah.

Tim Komisi VIII melakukan menilai secara umum pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan. Meski demikian tim menemukan beberapa catatan yang menjadi koreksi untuk perbaikan pelaksanaan ibadah haji tahun selanjutnya.

Catatan tersebut seperti waktu kedatangan di Bandara dan proses demarkasi masih memakan waktu hingga tiga jam, masalah teknis pengumpulan dokumen dan kursi roda juga masih perlu diantisipasi

“Penempatan jamaah pada 115 hotel di Madinah semua berada di wilayah Markaziah yang terjauh 530 meter dari Masjid Nabawi. Tahun ini disewakan rumah hotel cadangan dengan 520 kapasitas untuk layanan sektor kesehatan dan antisipasi jadwal kedatangan,” jelas H Firmandez.

Sementara soal makanan, konsumsi jamaah dilayani oleh 11 perusahaan catering yang dipilih melalui proses seleksi dan repeat order. Jamaah mendapat layanan makan 18 kali atau rata-rata dua kali sehari dan mendapat snack berat 1 kali, serta paket kelengkapan makan seperti teh, kopi, gula, soas, creamer, menu sesuai cita rasa Indonesia distribusinya juga berjalan lancar.

Tapi menurut H Firmandez, transportasi dari Bandara Madinah ke hotel dilayani oleh naqabah dan tidak dilakukan upgrade sesuai dengan ketentuan Pemerintah Saudi Arabia. Sementara transportasi dari Madinah ke Mekkah dilayani dengan bus upgrade sesusi spesifikasi yang ditetapkan. “Kemudian bus dari Jeddah ke Mekkah belum bisa diupgrade karena permasalahan peraturan pemerintah Saudi Arabia,” lanjut H Firmandez.

Sementara untuk bimbingan jamaah yang sakit dilakukan bimbingan khusus oleh KKHI. Untuk perhitungan kecukupan shalat arbain dilakukan koordinasi dengan TPHI dan TPIH. H Firmandez juga menilai perlindungan terhadap jamaah sudah dilakukan dengan baik, seperti menyisir dan mengindentifikasi barang milik jamaah yang tercecer di Masjid Nabawi dan Bandara Madinah, melayani dan mengantar jamaah yang kesasar hingga ke pemondokan, serta dilakukan penyuluhan keamanan terhadap jamaah.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *