,

H Firmandez Dukung Peremajaan Perkebunan Kopi Gayo

BLANGKEJEREN – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez sangat mendukung rencana pemerintah Aceh yang akan melakukan peremajaan perkebunan kopi di dataran tinggi Gayo.

Politisi Golkar dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini mengatakan, kopi Gayo merupakan jenis kopi spesial yang telah mendapat registrasi merek kolektif dari Uni Eropa. Untuk mempertahankan cita rasa kopi Gayo dan pemenuhan permintaan pasar dunia, maka peremajaan lahan mutlak harus dilakukan.

“Saya sangat mendukung apa yang disampaikan Wagub Nova Iriansyah saat berkunjung ke Bintang, Aceh Tengah beberapa hari lalu. Dari dulu saya sudah sering menyampaikan bahwa pemerintah harus melakukan revitalisasi perkebunan kopi dan penanaman kembali, karena banyak lahan yang kopinya sudah tua dan tidak produktif,” jelas H Firmandez.

H Firmandez melanjutkan, di dataran tinggi Gayo ada hampir 60 ribu hektar kebun kopi yang terbengkalai. Jadi harus dilakukan pembersihan dan penanaman kembali, untuk mendukung program pemerintah pusat yang ingin menjadikan Indonesia sebagai eksportir kopi nomor satu dunia.

“Revitalisasi lahan kopi di Gayo perlu dilakukan menjamin stabilitas mutu, sehingga lima tahun ke depan kopi Gayo bisa mendominasi pasar dunia. Jadi peran pemerintah untuk membantu petani kopi di Gayo sangat diharapkan, baik melalui skema pembiayaan maupun pembangunan infrastruktur penunjang,” lanjut Ketua Departemen Hubungan Lembaga Politik DPP Golkar tersebut.

H Firmandez melanjutkan, pengusaha kopi di Gayo juga harus benar-benar mampu memanfaatkan peluang pasar kopi dunia, karena Trade and Private Sector Assistence (TPSA) sudah lama tertarik untuk memasarkan kopi Gayo ke pasar Kanada dan Amerika Utara.

“Penikmat kopi di luar negeri itu mencari kualitas kopi speciality seperti Arabika Gayo, ini peluang besar, sudah saatnya pengusaha kopi di Aceh memperluas pangsa pasarnya ke luar negeri,” himbaunya Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh tersebut.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *