,

H Firmandez Dukung Nomadic Tourism di Aceh

BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez, mengatakan sangat mendukung program peningkatan sektor pariwisata di Aceh melalui nomadic tourism.

Nomadic tourism merupakan gaya berwisata baru, wisatawan bisa menentap di suatu lokasi wisata dalam rentan waktu tertentu. Namun untuk itu H Firmandez menyarankan agar pemerintah Aceh dan pemerintah daerah lokasi wisata nomadic itu untuk membangun infrastruktur pendukung yang memadai.

“Ini patut kita dukung, semakin lama wisatawan tinggal di satu objek wisata, maka semakin banyak uang yang dibelanjakan di sana. Ini sangat membantu pendapatan daerah. Ini bisa dijalanan sepaket dengan pengembangan ekonomi kreatif dan pemberdayaan masyarakat di lokasi wisata. Tinggal sekarang bagaimana membangun infrastrukturnya,” jelas anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 tersebut.

Ketua Departeman Hubungan Lembaga Politik DPP Golkar ini melanjutkan, Pemerintah Aceh telah menetapkan tiga kabupaten sebagai pilot project untuk wisata nomadic tersebut, yakni Bener Meriah, Aceh Tengah dan Aceh Singkil.

“Tiga daerah ini memiliki destinasi wisata yang khas, Bener Meriah dan Aceh Tengah dengan kopinya, Singkil dengan destinasi wisata alam rawanya. Jadi, kekhususan itu yang dijual, yang tidak ada di tempat lain. Kalau tiga daerah ini berhasil, maka bisa diperluas ke kabupaten/kota lain di Aceh,” lanjut H Firmandez.

Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan ini melanjutkan, dirinya di DPR RI sebawai wakil rakyat Aceh siap membantu menjembatani Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait di pusat untuk berbagai program untuk pembangunan daerah, semisal untuk pembangunan infrastruktur pariwisata, hotel dan restoran untuk mendukung program nomadic tourism tersebut.

“Perbanyak lobi ke pusat, karena kalau dibangun dengan anggaran daerah, APBA dan APBK itu tidak akan maksimal. Masukkan program ke kementerian terkait, saya siap menjembataninya. Kalau infrastukturnya sudah ok, maka wisatawan akan datang dengan sendirinya,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *