,

H Firmandez Dukung Aceh Tengah Jadi Pusat Arsip Aceh

TAKENGON – Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2, H Firmandez sangat mendukung jika pusat arsip Aceh dibangun di Kabupaten Aceh Tengah.

Pasalnya, temperatur di daerah dingin itu sangat mendukung, sehingga biaya penyimpanan arsip jadi lebih murah. Depo arsip dengan sistem modern harus dibangun untuk menyelamatkan arsip Aceh.

Hal itu disampaikan H Firmandez menanggapi keinginan Wakil Bupati Aceh Tengah, H Firdaus SKM dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis), Perpustakaan dan Kearsipan se-Aceh di aula Hotel Bayu Hill, Takengon beberapa hari lalu.

“Usulan itu patut didukung, karena secara kelembaban dan suhu di Aceh Tengah sangat mendukung untuk penyimpanan arsip. Dengan suhu dingin di dataran tinggi Gayo itu biaya perawatan arsip akan lebih murah, karena bila kondisi tidak mendukung arsip bisa rusak,” ujar H Firmandez.

Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan ini melanjutkan, arsip merupakan bukti akuntabilitas kinerja pemerintahan dan hak keperdataan rakyat, yang sekaligus catatan memori suatu daerah, untuk itu penyimpanannya membutuhkan tempat yang representatif.

“Mencermati usulan Pemkab Aceh Tengah ini, saya rasa Pemerintah Aceh terutama badan arsip harus menimbangnya dengan baik. Aceh butuh depot arsip yang representative untuk meminimalisir dampak kerusakan. Dan secara geografis Aceh Tengah cocok untuk dibangun depo itu,” pungkas H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, membangun depo arsip juga harus mempertimbangkan faktor alam dan bencana. Berbagai pertimbangan harus dilakukan, sehingga depo arsip dengan sistem modern bisa dibangun dengan biaya murah dan minim bencana.

“Tsunami 2004 lalu sudah menjadi catatan kelam dunia kerasipan di Aceh. Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh di kawasan Blangpadang, Banda Aceh hancur, sehingga ribuan buku dan data sejarah hilang. Beruntung kantor arsip di kawasan Peurada tidak begitu terdampak,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *