H Firmandez: Dorong Percepatan Pembangunan KEK Arun Lhokseumawe

0
227

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh diminta mendorong percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe secara maksimal, sehingga bisa beroperasi sesuai target. Konsorsium dan Forum KEK Arun Lhokseumawe juga diharapkan bisa meningkatkan nilai investasi.

Permintaan itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez, Selasa, 20 November 2018. Menurut politisi Golkar dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini, target pembangunan 3 tahun untuk pembangunan kawasan tersebut kini sudah berjalan 1 tahun 9 bulan, hanya tersisa 15 bulan lagi.

“Dalam walktu 15 bulan ke depan itu, kita berharap segalanya sudah siap, mulai dari infrastruktur, sumber daya hingga administrasi pelayanannya. KEK Arun harus menjadi barometer dan contoh bagi 11 KEK lainnya di Indonesia,” ujar H Firmandez.

Untuk itu H Firmandez mengharapkan Kelembagaan KEK Arun Lhokseumawe, Dewan Kawasan, Administrator dan Badan Pembangun dan Pengelola (BUPP) bisa memanfaatkan dengan maksimal sisa waktu tersebut, sehingga bisa menjadi dorongan bagi sektor swasta atau calon investor untuk berinvestasi.

“Harus ada kepastian, infrastruktur pendukung investasi itu harus ada, sehingga pengembangan usaha di kawasan KEK Arun Lhokseumawe itu bisa berjalan, dan tenaga kerja bisa terserap untuk menekan angka pengangguran,” lanjut H Firmandez.

H Firmandez menambahkan, KEK Arun Lhokseumawe merupakan harapan dan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha di Aceh untuk memberdayakan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, serta mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan pendapatan daerah dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

H Firmandez juga meminta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memerintahkan Konsorsium BUMN di KEK Arun Lhokseumawe untuk mempercepat segala proses dan mendorong percepatan beroperasinya KEK Arun Lhokseumawe.

“Beroperasinya KEK Arun Lhokseumawe nantinya bisa menjadi faktor penghela ekonomi yang produktif, dalam rangka pemberian nilai tambah bagi sumber daya alam di Aceh. Pengusaha-pengusaha di Aceh juga harus mengambil kesempatan ini. Beroperasinya KEK Arun harus memberi dampak yang signifikan bagi pertumbuhan dunia usaha di Aceh,” harapnya.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here