H Firmandez Dorong Pemerintah Aceh Siapkan Qanun Haji

0
92

BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez meminta kepada Pemerintah Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) untuk menyusun Rancangan Qanun (Raqan) Haji, untuk kemudian ditetapkan menjadi Qanun Haji.

Menurut anggota DPR-RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini, Qanun Haji sangat penting untuk adanya kepastian dan jaminan hukum atas layanan terhadap jamaah haji dan umrah asal Aceh.

“Qanun atau Perda Haji juga merupakan amanah Undang-undang No.13 tahun 2008. Jadi ini harus menjadi prioritas, di beberapa daerah lain di Indonesia malah mereka sudah memiliki Perda Haji, ” jelas H Firmandez yang pernah beberapa tahun bertugas di Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan agama dan sosial, termasuk urusan haji.

H Firmandez menambahkan, kehususan Aceh dalam penyelenggaraan ibadah haji juga harus diatur nantinya dalam Qanun Haji, seperti pembagian dana dari Baitul Asyi (Rumah Aceh) di Mekkah, yang tidak di miliki oleh daerah lain di Indonesia.

“Para pihak, lembaga dan instansi terkait bersama stakeholder harus segera memikirkan hal ini, menyiapkan draf qanunnya, sehinga dalam waktu dekat bisa dibahas untu segera ditetapkan menjadi qanun,” harap H Firmandez.

Politisi Golkar yang pernah menjadi anggota tim uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon anggota Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) ini menambahkan, dengan adanya Qanun Haji nantinya, Pemerintah Aceh benar-benar hadir dalam penyelenggaraan haji secara profesional, berazaskan prinsip-prinsip syariah, transparan dan akuntabel.

“Qanun Haji juga nantinya harus mengatur secara detil soal pembiyaan. Sejumlah biaya yang selama ini ditanggung jamaah, nanti kita harap bisa ditanggulangi oleh daerah, sehingga biaya penyelenggaraan ibadah haji bisa jadi lebih murah,” saran H Firmandez.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here