,

H Firmandez dan Abdullah Puteh Ajak Pemuda jadi Pengusaha

IDI – Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2, H Firmandez menjadi pemateri pada seminar Pendidikan Kecakapan Wira Usaha Pemula di Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Pelatihan dengan tema “Pemuda Mandiri Keluarga Berdikari” tersebut digelar Relawan Beringin bersama Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Aceh Timur. Ketua Relawan Beringin Aceh Timur, Teuku Okta Randa menjelaskan, selain menghadirkan H Firmandez yang juga Ketua Umum KADIN Aceh, panitia juga menghadirkan mantan Gubernur Aceh yang juga pengusaha, Abdullah Puteh, dan Rudy pemateri dari perwakilan Bank Syariah Mandiri.

Okta Randa menjelaskan, H Firmandez dan Abdullah Puteh merupakan dua sosok yang sudah sangat familiar dalam masyarakat Aceh, baik sebagai pengusaha maupun politisi, sehingga kehadiran keduanya sebagai pemateri diharapkan bisa memberi motivasi bagi 250 pemuda Aceh Timur yang mengikuti acara tersebut.

“Apa lagi Pak Abdullah Puteh merupakan putra daerah, asli tokoh Aceh Timur. Ditambah lagi dengan hadirnya Pak Firmandez, jadi ada motivasi lebih bagi para pemuda untuk menerima masukan dan wejangan bagaimana kiat-kiat menjadi pengusaha sukses dari kedua tokoh Aceh ini,” jelas Okta Randa.

Sementara itu, H Firmandez dalam pemaparannya menjelaskan, banyak sektor yang bisa dimasuki pemuda untuk memulai usahanya. Aceh Timur punya banyak sumber daya alam yang bisa dijadikan peluang usaha, mulai dari kelautan dan perikanan, pertanian, perkebunan, hingga berbagai sektor jasa.

“Kalau mau jadi PNS itu kuotanya terbatas, begitu juga dengan karyawan swasta. Peluang terbesar adalah menjadi pengusaha. Jangan takut untuk memulainya, mulailah dari sekarang, sekecil apa pun usahanya,” ujar H Firmandez.

H Firmandez melanjutkan, darah orang Aceh adalah darah pengusaha. Hal ini sudah dibuktikan sejak zaman dahulu. Bahkan ketika Indonesia baru merdeka, biaya untuk menjalankan negara sebagian ditanggung oleh pengusaha Aceh, yang saat itu terkenal dengan kelompok Gabungan Saudagar Aceh (Gasida).

“Mari kita membangkitkan lagi semangat wirausaha orang Aceh, merevitalisasi kembali nilai-nilai luhur yang diwariskan para saudagar Aceh tempo dulu,” ajak H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *