,

H Firmandez: Cegah Terorisme Melalui Penguatan Ideologi dan Pemahaman Agama

JAKARTA – Untuk mencegah aksi terorosme di Indonesia, perlu dilakukan penguatan ideologi kebangsaan dan pemahaman agama yang benar, serta mencegah penyebaran paham radikal.

Penegasan itu disampaikan anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Aceh 2, H Firmandez, terkait terjadinya serangkaian bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur. “Deradikalisasi harus terus dilakukan melalui penguatan ideologi dan pemahaman agama yang benar,” ujar H Firmandez.

Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh ini melanjutkan, pemahaman nilai-nilai bela negara juga harus dilaksanakan di berbagai lembaga pendidikan, agar paham radikal bisa dicegah sejak dini.

H Firmandez mengaku sangat prihatin dengan kondisi bangsa hari ini. Ia mengajak semua pihak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan secara komprehensif dan terpola, sehingga munculnya terorisme dalam masyarakat bisa dideteksi.

“Lembaga pendidikan, baik penddikan umum maupun pendidikan agama harus mengambil peran dalam mencegah terorisme. Karena terorisme merupakan ancaman nyata bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Harus ada pemikiran-pemikiran dan langkah-langkah untuk menghadapinya,” lanjut H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, persoalan terorisme harus diselesaikan dengan tuntas, dengan cara merubah cara pandang (mindset), serta memperdalam kesadaran bela negara dan wawasan nusantara, dengan menamkan nilai-nilai luhur ideologi pancasila.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *