H Firmandez: BPMA dan Kementerian Harus Perhatikan Persoalan Limbah Blok A

0
219

BANDA ACEH – Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) bersama Kementerian Sumber Daya Energi dan Mineral (ESDM) dan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) diminta untuk memperhatikan persoalan limbah Blok A Aceh Timur.

Permintaan itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez, Jumat, 2 November 2018. Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini juga meminta meminta PT Medco E&P Malaka untuk memenuhi standar pengolahan limbah pada proyek sumur minyak di Aceh Timur tersebut.

“Persoalan limbah cair PT Medco itu sudah lama dikeluhkan oleh masyarakat sekitar Blok A, tim dari Ombudsman Indonesia dari Jakarta sudah turun ke lokasi, kita berharap Medco bisa memenuhi standar pengolahan limbah sebagaimana diwajibkan oleh regulasi, salah satunya seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” kata H Firmandez.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini menambahkan, pemerintah wajib melindungi masyarakat dan lingkungan sekitar dari pencemaran limbah industri, tapi di sisi lain, pengelolaan sumber daya migas di daerah juga harus jalan, karena menyangkut dengan pembangunan dan pendapatan asli daerah.

“Ini dua sisi yang tak terpisahkan, jadi kita berharap tim Ombusman bisa segera memberikan kesimpulan dari hasil peninjauan mereka ke Blok A itu, agar nanti ada kejelasan apa-apa saya yang harus dilakukan para pihak,” lanjut H Firmandez.

H Firmandez juga menyayangkan adanya limbah cair PT Medco dari Blok A yang mengalir ke jalan dan lahan warga. Seharusnya perusahaan sebesar itu harus bisa menangani persoalan limbah dengan baik, sehingga tidak berdampak buruk pada lingkungan.

“Penanganan limbah harus sesuai dengan aturan atau izin yang berlaku. Kita berharap tidak terjadi kesalahan yang bisa merugikan masyarakat dan lingkungan. Jangan sampai nanti menjadi masalah,” tegas Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar tersebut.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here