,

H Firmandez Berharap Negara Hadir dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji

TEROPONGACEH.COM | BANDA ACEH – Anggota Komisi VIII DPR-RI, H Firmandez berharap negara benar-benar hadir dalam penyelenggaraan ibadah haji. Sejumlah biaya yang selama ini masih ditanggung jamaah, seharusnya bisa ditanggulangi oleh negara, sehingga Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) jadi lebih murah.

Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh ini menjelaskan, biaya-biaya yang bisa ditanggung negara misalnya mulai penyelenggaraan manasik, pelayanan kesehatan, akomodasi selama di tanah suci, serta biaya-biaya lainnya.

“Kami di Komisi VIII DPR-RI memperkirakan, ada sekitar Rp 400 miliar hingga Rp 500 miliar biaya yang dibebankan kepada jamaah calon haji. Ini juga salah satu yang menyebabkan BPIH tinggi, seharusnya kalau itu ditanggung oleh negara, maka BPIH akan lebih murah,” jelas Firmandez saat melepas keberangkatan JCH kloter 8 embarkasi Aceh, Kamis, 18 Agustus 2016 di Asrama Haji, Banda Aceh.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar ini melanjutkan, untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji, Komisi VIII DPR-RI selalu mendesak pemerintah agar melakukan perbaikan penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun.

Untuk musim haji tahun ini lanjut H Firmandez, Komisi VIII DPR-RI bersama Kementerian Agama (Kemenag) pada akhir April 2016 lalu juga sudah menyepakati penurunan biaya haji dan peningkatan pelayanan. Biaya haji tahun ini turun Rp 1,76 juta dari sebelumnya Rp 36,4 juta kini menjadi Rp 34,6 juta.

Meski demikian lanjut H Firmandez, pelayanan tetap meningkat. Bila tahun sebelumnya jamaah hanya mendapat 15 kali makan selama di Mekkah, tahun ini naik menjadi 24 kali. Pelayanan bis pengangkut jamaah juga bertambah, bila tahun sebelumnya hanya 80 persen, tahun ini naik menjadi 91 persen.

“Penurunan BPIH ini merupakan komitmen kami terhadap ummat yang melaksanakan ibadah haji. Kita berharap tahun depan BPIH turun lagi, sehingga penyelenggaraan ibadah haji jadi lebih murah,” harapnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *