,

H Firmandez: Berdayakan Petani untuk Kedaulatan Pangan

LANGSA – Upaya untuk mencapai kedaulatan pangan harus dimulai dari memberdayakan petani dan membangun infrastruktur pertanan, seperti irigasi agar terpenuhinya kecukupan air.

Hal itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, H Firmandez saat menjadi pemateri pada acara sosialisasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di Kota Langsa, Sabtu, 28 April 2018.

Anggota Komisi V DPR RI ini menjelaskan, P3-TGAI merupakan bagian dari program untuk medukung Nawa Cita dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Ini merupakan program pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi partisipatif di wilayah pedesaan. Tujuannya untuk menyediakan kecukupan air irigasi bagi kawasan pedesaan dengan melakukan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi yang dilakukan dengan konsep pemberdayaan,” jelas H Firmandez.

Anggota DPR RI Fraksi Golkar dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, dengan P3-TGAI ini diharapkan kinerja layanan irigasi kecil, irigasi desa dan irigasi tersier dapat meningkat sesuai kebutuhan, serta manfaat sosial-ekonomi langsung dan kesejahteraan para petani dan masyarakat pedesaan dapat menjadi lebih baik.

“Tujuan akhirnya tentu untuk meningkatkan produksi padi, dan dengan demikian juga akan berpengaruh pada peningkatan kesejahteraan petani di desa, serta terberdayanya kelompok masyarakat petani,” lanjut H Firmandez.

H Firmandez berharap, program P3-TGAI tersebut dapat terlaksana dengan baik di lapangan, sehingga bisa mendukung program ketahanan pangan nasional dan upaya peningkatan ekonomi masyarakat tani.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *