,

H Firmandez Apresiasi Upaya Pemko Langsa Selamatkan Pusong

LANGSA – Upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Langsa menanam 5.000 batang pohon di pantai Pulau Pusong, Gampong Teulaga Tujoh, Langsa Barat mendapat apresiasi dari H Firmandez.

Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI ini mengatakan, penanaman pohon tersebut merupakan langkah yang tepat untuk menyelamatkan Pulau Pusong dari abrasi yang sudah lama menghantam kawasan tersebut.

“Pulau Pusong terus mengalami abrasi, apalagi sejak 1980-an sudah dilakukan pengerukan pasir di sana, sehingga mengakibatkan kerusakan ekosistem pulau. Di sana juga sudah pernah juga dilakukan reklamasi, tapi abrasi tetap terjadi. Jadi penanaman pohon ini sangat penting untuk penyelamatan Pulau Pusong,” jelas H Firmandez.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim ini melanjutkan, apa yang dilakukan Wali Kota Langsa, Usman Abdullah merupakan langkah positif dalam menjaga keasrian pantai di pesisir Langsa. Apa lagi Pemko Langsa juga membangun bak penampung air bersih berkapsitas 35.000 liter dan mengadakan mobil tangki air untuk Gampong Teulaga Tujoh.

“Ini menunjukkan adanya upaya untuk melibatkan masyarakat pulau tersebut berpartisipasi dalam menjaga keasrian pulau dan menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat setempat,” lanjut H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, sebagai wali kota, Usman Abdullah yang sering disapa Toke Seuem tersebut mampu menggerakkan gerbong pemerintahan di Langsa untuk menjaga lingkungan. Ini ditunjukkan melalu gotong royong massal yang rutin dilakukan. Pemko Langsa juga dinilai telah sukses melakukan reboisasi hutan mangrove di kawasan Kuala Langsa, serta membangun hutan kota di kawasa Pondok Kemuning.

“Ini harus dicontoh oleh daerah lain. Saya harap Pulau Pusong nantinya juga bisa terus dibenah menjadi lebih bagus, sebagaimana hutan mangrove telah mampu ditanam kembali menjadi hutan wisata. Atas semua ini kita patut memberi apresiasi kepada Wali Kota Langsa Usman Abdullah,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *