,

H Firmandez Apresiasi Unsyiah Masuk 5 Perguruan Tinggi Terbaik Nasional

BANDA ACEH – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI memberi apresiasi kepada Rektor dan civitas akademik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang telah berhasil membawa kampus jantong hate rakyat Aceh tersebut masuk lima besar perguruan tinggi nasional.

“Pertama saya ucapkan selamat atas terpilihnya kembali Prof Dr Ir Samsul Rizal M Eng sebagai Rektor Unsyiah. Yang kedua, kita patut berbangga dan mengapresaisi capaian Unsyiah yang menjadi perguruan tinggi nomor satu di luar Jawa, dan perguruan tinggi nomor 5 secara nasional,” ujar H Firmandez, Kamis, 8 Februari 2018.

H Firmandez berharap Unsyiah bisa terus melakukan perbaikan dan peningkatan di berbagai bidang, hingga menjadi universitas yang tidak hanya terbaik di Indonesia, tapi juga mampu bersaing di kancah global. Unsyiah juga diharapkan bisa terus memperbaiki infrastruktur dan melakukan pengembangan teknologi dan inovasi sesuai perkembangan zaman.

“Pengembangannya harus terus dilakukan, baik infrastruktur maupun kualitas SDM, serta bisa menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas, yang mengisi pembangunan baik di Aceh maupun di tingkat nasional. Unsyiah harus terus bergerak menjadi lebih baik,” harap H Firmandez.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Unsyiah masuk perguruan tinggi peringkat 5 nasional berdasarkan perangkingan yang dilakukan webometrics. Pemeringkatan Universitas Dunia oleh Webometrics merupakan sebuah inisiatif dari Lab Cybermetrics, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. Mereka melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 21.000 perguruan tinggi seluruh dunia.

Webometrics melakukan pemeringkatan berdasarkan empat kategori utama, yaitu “Presence” terkait jumlah laman dengan domain sebuah universitas yang terekam search engine, “Impact” terkait dengan eksternal link yang tertaut di Google, “Openness”, yang berhubungan dengan dokumen terkait yang siap unduh, serta “Exellence” yang merupakan jumlah publikasi ilmiah sivitas di Google Scholar.

Unsyiah berada pada rangking pertama untuk seluruh perguruan tinggi di luar pulau Jawa, dan peringkat ke-5 tahun ini secara nasional, di bawah Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gadja Mada (UGM) Jogjakarta, Institut Teknologi Bandung (ITB), serta Institut Pertanian Bogor (IPB). [HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *