,

H Firmandez Apresiasi Pemikiran KH Ma’ruf Amin Tentang Konsep Ekonomi Indonesia Baru

BANDA ACEH – Anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Aceh 2, H Firmandez sangat mengapresiasi pemiiran dan konsep pembangunan ekonomi Indonesia baru yang disampaikan KH Ma’ruf Amin dalam kuliah umum di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Rabu, 19 September 2018.

H Firmandez yang juga Ketua Umum Pusat Pengendalian Pemenangan (Pusdal) Jokowi-Ma’ruf Amin, menjelaskan konsep pembangunan ekonomi Indonesia baru tersebut mencakup tentang pembangunan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dan pusat halal produk dunia.

“Tentang ini sudah lama diperjuangkan oleh beliau dalam berbagai kesempatan. Beliau juga dikenal sebagai Bapak Ekonomi Syariah Indonesia. Ketika saya masih di Komisi VIII DPR RI yang membidangi urusan agama dan sosial, sudah sering terlibat kerja sama dengan KH Ma’ruf Amin yang kala itu menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam hal pembangunan ekonomi syariah dan produk halal di Indonesia,” jelas H Firmandez.

H Firmandez yang juga Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar ini melanjutkan,  pada April 2016 dirinya bersama KH ma’ruf Amin sama-sama ke Korea Selatan melakukan sosialisasi Undang-undang Nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal.

Dalam pertemuan dengan Menteri Pertanian Korea Selatan, Yang Lee Dong Phil di Seoul dan sosialisasi jaminan produk halal di Seowon University Korea Selatan, KH Ma’aruf Amin menjelaskan tentang MUI secara kelembagaan dan kewenangan yang diberikan pemerintah kepada MUI dalam menerbitkan sertifikat halal terhadap produk-produk luar negeri.

“Beliau mampu menjelaskan dengan baik tentang regulasi produk halal dengan tenang dan detil. Konsepnya tentang pembangunan ekonomi Indonesia baru sangat bagus. Jadi Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dan produk halal dunia ini bukan wacana baru, tapi sudah lama beliau perjuangkan, baik dalam berbagai forum internasional, maupun melalui berbagai kesempatan lainnya,” ungkap H Firmandez.

Selain itu H Firmandez juga mengapresiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, yang mengundang KH Ma’ruf Amin sebagai keynot speaker dalam kuliah umum Ekonomi Keumatan sebagai Arus Baru Perekonomian di Unsyiah.

Usai menjemput KH Ma’ruf Ami di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Blang Bintang, Aceh Besar, H Firmandez mendampingin KH Ma’ruf Amin untuk bertemu dengan beberapa organisasi relawan di Banda Aceh.

Beberapa Ketua Ormas yang bertemu dengan KH Ma’ruf Amin tersebut antara lain ormas Cakra yang diketuai Gumarni, Ormas Bara JP yang dinahkodai oleh Adli Abdullah, Jaringan Karya Bersama Joko Widodo (Jangkar Bejo) yang diketuai Fachrizal Murphy, serat dengan Pusdal Soksi Aceh yang diketua T Machsalmina Ali. Selain itu KH Ma’ruf Amin juga melakukan pertemuan dengan beberapa pimpinan dayah (pesantren) di Aceh.
“Setelah bertemu dengan sejumlah relawan dan pimpinan ormas, baru Pak Kiai menuju Kampus Unsyiah untuk mengisi kuliah umum tentang ekonomi syariah. Kita apresiasi OJK dan Usyiah dalm hal ini. Malamnya juga akan dilakukan pertemuan dengan sekitar 200 hingga 300 orang ulama dari Nahdatul Ulama (NU) Aceh,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *