,

H Firmandez Apresiasi Kinerja Kedutaan dan PPIH

TEROPONGACEH.COM | MEKKAH – Anggota Komisi VIII DPR RI, H Firmandez, mengapresiasi kinerja Kedutaan Indonesia dan Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi. Politisi Golkar ini menilai koordinasi sudah berjalan meski belum optimal.

Hal itu disampaikan Wasekjen Golkar tersebut, Kamis, 8 September 2016 di sela-sela pengawasan penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi bersama Komisi VIII DPR RI. “Tahun-tahun sebelumnya terpisah, tidak ada koordinasi, namun setelah musibah jatuhnya crane pada masa haji tahun lalu, kini Dubes dan PPIH sudah bekerja sama dalam menangani pelayanan jamaah haji Indonesia,” jelas H Firmandez.

Politisi asal Aceh ini melanjutkan, Komisi VIII telah menanggil pihak Kedubes Idonesia di Arab Saudi dan mempertemukan dengan pihak Kementerian Agama, PPIH dan Irjen Penyelenggaran Ibdadah Haji dan Umrah (PHU). “Setelah kita pertemukan sudah ada koordinasi, meski belum optimal, jika ada masalah langsung diselesaikan,” ungkap H Firmandez.

H Firmandez mencontohkan, ada jamaah yang ditahan selama 15 hari karena kedapatan membawa jimat dan dianggap mengandung opium, jamaah asal Indonesia itu ditahan oleh Pemerintah Arab Saudi, namun berkat diplomasi dan koordinasi yang baik, akhirnya bisa dibebaskan.

“Begitu juga terhadap jamaah yang dideportasi karena kesalahan admistrasi, seperti kesalahan pasport, nama lain orangnya lain. Setelah diperbaiki Alhamdulillah bisa berangkat lagi,” lanjut H Firmandez.

H Firmandez berharap, ke depan lembaga-lembaga terkait tersebut bisa terus memperkuat koordinasi untuk memberikan pelayanan dan perlindungan yang maksimal kepada jamaah haji Indonesia.

“Ya, kordinasi harus diperkuat, semua jamaah haji wajib dilindungi, begitu juga dengan penyelenggara seperti tenaga medis dan pendamping juga harus dilindungi. Lebih dari itu malah perlindungan juga harus diberikan kepada pekerja asal Indonesia di Arab Saudi,” harapnya.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *